Thursday, November 20, 2008

Perjalanan Menuju Sukses 1










Editorial

Perjalanan Menuju Sukses adalah salah satu buku karangan John C. Maxwell yang terkenal sebagai motivator dan pakar dalam pengembangan diri. Salah seorang temanku, Cik Cecilia meminjamkan buku ini kepadaku (‘makasih ya cik!).

Dalam buku ini John Maxwell akan mengajak kita untuk membangun pondasi yang kuat dalam diri kita untuk perjalanan menuju sukses. Tidak seperti banyak motivator yang mengajarkan bagaimana mencapai impian tertinggi anda, bagaimana menjadi kaya, bagaimana pensiun muda dan kaya, dsb., John Maxwell pertama-tama mempersiapkan diri kita dahulu. Semua orang, yang muda atau sudah akan pensiun, yang sudah kaya atau yang masih miskin, yang PD atau yang pemalu, semuanya dapat dan BERHAK merasakan kesuksesan. Masalahnya, bagaimana sih SUKSES itu? Itulah yang akan dikupas secara mendalam oleh John Maxwell dalam buku ini.

Mungkin anda tidak akan mengubah dunia atau tiba-tiba menjadi kaya setelah membaca buku ini, namun setidaknya anda mengerti bahwa sukses bukanlah di awing-awang. SETIAP orang dapat menjadi sukses – sukses itu universal!

Total halaman buku ini 205 halaman, dan moga-moga saya bisa menjadikannya 3-4 posting. Harap teman-teman sabar menunggu posting selanjutnya, ‘kan saya harus membaca dulu baru bisa menuliskannya! Yang penting jangan buru-buru waktu membaca, hayatilah kedalaman artinya.

Jika anda berminat untuk menyimpan copy untuk dibaca lagi, e-mail saya untuk meminta versi e-book-nya (dengan syarat anda harus menunggu sampai seluruh isi buku tamat!).

Selamat membaca, dan semoga sukses!

--------

BAB I – DEFINISI SUKSES

Dalam buku ini, John C. Maxwell mengajak kita menentukan mimpi dan tujuan hidup kita. Semua orang menginginkan kesuksesan, masalahnya sedikit dari mereka yang bisa mendefinisikan apa 'sukses' itu. Jika kita tidak tahu apa 'sukses' itu, bagaimana kita akan dapat menemukannya? Untuk itulah John Maxwell menuntun kita untuk bersiap-siap melakukan suatu perjalanan panjang ke tempat yang jauh untuk menuju kesuksesan itu.

Ada 4 hal yang dibutuhkan seseorang untuk mau berubah dan mau berinisiatif untuk meraih sukses,

1. Memiliki gambaran kemana kita akan pergi (definisi 'sukses' menurut kita, apakah ingin menjadi pengusaha kaya, menjadi atlet paling berbakat, dsb).
2. Gambaran kongkret tentang apa yang akan terjadi apabila kita mencapai sukses itu.
3. Kemauan dan kemampuan untuk berubah.
4. Keinginan untuk terus berubah.

Dalam proses itu, kita akan menemukan bahwa kesuksesan adalah untuk semua orang. Baik itu pebisnis, ibu rumah tangga, murid sekolah, atlet, pekerja pabrik, bahkan orang yang sedang mendekati masa pensiun.

Mengapa banyak orang yang tidak sukses ?

Karena mereka salah mengartikan sukses. Mereka melihat sukses sebagai akibat dari kejeniusan, mukjijat, dll. Simbol sukses adalah orang-orang hebat seperti Donald Trump, Michael Jordan, Albert Einstein dll. Tetapi, kita kita tidak dapat menjadi orang lain. Itu malahan akan membuat kita tidak sukses.

Banyak yang menganggap sukses adalah :

Kekayaan – Apakah kekayaan berarti sukses?
Ternyata jawabnya tidak! Orang yang baru menjadi kaya biasanya tidak pernah merasa cukup, dan ketika ia sudah amat kaya, uang tidak ada lagi artinya. Yang berarti adalah: sukses.

Kebahagiaan – Apakah kebahagiaan = ukuran kesuksesan?
Tidak juga! Jika anda menetapkan kebahagiaan sebagai tujuan anda, hidup anda akan selalu tidak pasti. Anda akan seperti berada di atas roller coaster, kadang sukses, kadang tidak sukses, dst.

Harta dan benda berharga – Apakah berhasil memiliki benda yang telah lama anda idam-idamkan berarti sukses?
Anda tentu dapat menjawabnya berdasarkan pengalaman anda. Pada saat kita dapat memiliki/membelinya, kita merasa lebih kaya, lebih hebat, lebih keren, dsb. Tetapi setelah kita renungkan lagi, apakah itu sukses? Bukan!

Kekuasaan – Bila kita memiliki kekuasaan, apakah itu berarti kita sukses?
Tidak! Karena kekuasaan bersifat sementara.

Prestasi – Apakah berhasil mencapai cita-cita dapat dianggap sukses?
Tidak, karena sukses bukanlah mencapai suatu tujuan, melainkan sebuah perjalanan.

Jadi....

Definisi SUKSES menurut John C. Maxwell adalah...

1. Mengetahui tujuan hidup anda, bertumbuh untuk mencapai potensi maksimum anda, dan menebaran benih yang menguntungkan bagi orang lain.
2. Bukan tujuan melainkan perjalanan, sehingga dalam mencapai sukses anda tidak merasa tertekan untuk mencapai tujuan akhir, atau merasa telah mencapainya, tapi lalu merasa kosong dan mencari-cari sesuatu yang lain untuk dilakukan.
3. Apa yang anda tuju hari ini, jadi bukan sesuatu yang anda dambakan suatu hari nanti.


Mengetahui Tujuan Anda

Setiap manusia diberikan tugas atau misi khusus dalam hidupnya masing-masing, dan menjadi tanggung jawab kitalah untuk mengetahuinya. Bila anda tidak mengetahuinya, anda akan menghabiskan hidup anda dengan selalu mengerjakan sesuatu yang salah. Melakukan sesuatu yang menjadi tujuan kita juga akan membuat kita bahagia.

Bagaimana Caranya ?

Anda diciptakan sebagai makhluk yang unik, yang memiliki karunia, bakat, dan latar belakang yang berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, kita tidak dapat mencoba menjadi seperti orang lain. Anda harus melihat ke dalam diri anda. Apa kemampuan unik saya? Sumber-sumber yang saya miliki dan kesempatan yang ada? Anda harus percaya bahwa anda pasti memiliki potensi, dan memiliki kemauan keras untuk berusaha.

Kapan? Sekarang juga!!

Banyak orang sudah mengetahui apa yang ingin dia lakukan, tetapi bukannya berbuat, mereka hanya menunggu saat yang tepat, inspirasi, atau bila ada yang mengajak, dll. Sehingga akhirnya mereka tidak pernah pergi kemana-mana.

Potensi

Potensi = ukuran sukses yang sesungguhnya = rasio antara seperti apa kita sekarang dan seperti apa kita seharusnya.

Kita memiliki potensi yang hampir tiada batasnya, namun sedikit orang yang menggunakannya karena banyak dari kita yang membiarkan orang lain yang mendikte kita dan memutuskan apa yang harus kita lakukan.

Agar potensi kita tumbuh,....

Fokus pada tujuan utama – Setelah anda tahu tujuan utama anda, putuskanlah apa yang harus anda korbankan untuk melakukannya. Pengorbanan?? Ya, tak ada sukses tanpa pengorbanan!

Perbaikan diri yang berkesinambungan – Berkomitmenlah untuk tiap hari menjadi sedikit lebih baik daripada kemarin.

Lupakan masa lalu – Dengan melupakan masa lalu yang telah lewat, masa-masa sulit, atau hal-hal yang menghalangi/keterbatasan anda, anda akan dapat maju untuk menyongsong hari baru.

Fokus pada masa depan.


Menolong Orang Lain

Menabur benih yang bermanfaat bagi orang lain adalah satu aspek penting perjalanan sukses. Selalu luangkan waktu untuk memberi, entah itu sekedar menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga, memuji staf anda yang bekerja dengan baik, atau menolong klien anda.

Whit Hobbs (kolumnis):
“Sukses itu bangun di pagi hari - untuk setiap orang, dimanapun anda berada, apakah anda tua atau muda – dan bangkit dari tempat tidur karena ada sesuatu di luar sana yang harus anda kerjakan, yang anda yakini, yang bisa anda lakukan dengan baik, sesuatu yang lebih besar daripada anda, dan anda tidak sabar untuk segera melakukannya lagi hari ini”
Deskripsi yang amat indah bukan?

Mengetahui Tujuan Anda

Apakah anda tahu dengan pasti kemana tujuan hidup anda, atau anda membiarkan orang lain yang menentukannya untuk anda? Jawaban atas pertanyaan itu akan menentukan sukses tidaknya anda.

Setelah mengetahui tujuan anda, andapun harus berlayar ke arahnya, jangan seperti orang-orang yang menaiki kapal pesiar, yang berlayar tanpa tujuan dan menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak membuat mereka menjadi lebih baik dari kemarin!

Untuk itu anda perlu menemukan mimpi anda. Impian akan mengawali perjalanan kita menuju sukses; impian dapat:

Ø Memberikan arah pada kita, kompas kehidupan kita,

Ø Menambah potensi kita – lebih besar mimpi kita, lebih besar potensi kita. E. Paul Hovey: “Dunia orang buta dibatasi oleh sentuhannya, dunia orang dungu dibatasi pengetahuannya, dan dunia orang yang hebat dibatasi oleh visinya.”

Ø Menolong kita mengatur prioritas. Orang yang mempunyai impian tahu kapan ia harus menyerah supaya ia bisa naik. Dengan mimpi kita dapat berkonsentrasi pada hal-hal yang membawa kita lebih dekat dengan mimpi tsb, dan mengurangi hal-hal yang tidak mendukung,

Ø Menambah nilai pada pekerjaan kita. Dengan melakukan sesuatu yang didasari mimpi/visi, maka pekerjaan itu, betapapun kerasnya, akan menjadi lebih bernilai.

Ø Meramalkan masa depan kita, karena kita akan selalu menyusuri satu tempat ke tempat lain yang lebih tinggi, dan demikian seterusnya sampai impian kita tercapai. Dengan kata lain kesempatan kita untuk sukses semakin besar. Oliver Wendell Holmes: “Perkara besar di dunia ini tidak terletak pada dimana kita berada saat ini, melainkan ke arah mana kita bergerak.”


BAB 2 - TEMUKAN IMPIAN ANDA

Ø Percayalah akan kemampuan anda bahwa anda bisa menjadi sukses.

Ø Kesombongan akan menghalangi anda untuk mencoba hal baru dan mengambil resiko, maka singkirkanlah!

Ø Ketidakpuasan yang membangun adalah kekuatan yang membuat orang mencari impian mereka. Teruslah mendambakan perubahan yang positif.

Ø Keluarlah dari kebiasaan anda, karena itu akan menutup pintu potensi anda. Ketika anda memiliki kebiasaan, anda akan berhenti berpikir, bertanya dan bermimpi! Jadilah kreatif!

Ø Biarkan mimpi itu tumbuh dalam segenap perasaan dan jiwa anda.

Ø Kejarlah selalu mimpi anda, jangan biarkan ia mati.

Ø Hati-hatilah pada kritik atau sikap menyepelekan dari orang-orang terdekat anda! Anda membutuhkan dedikasi dan kegigihan untuk tetap meneruskan impian anda.

Ø Ceritakanlah mimpi anda pda orang lain, libatkan dan berilah mereka kesempatan untuk memahami visi anda; maka anda akan dapat mencapai sesuatu yang lebih besar dari mimpi semula, apa yang dulunya tidak mungkin.

Akhirnya buatlah satu komitmen kepada diri sendiri, pada saat anda mempersiapkan diri untuk perjalanan menuju sukses, untuk menemukan dan mengikuti mimpi anda.

Untuk mempermudah anda, dibawah ini ada sebuah contoh untuk membuat komitmen.

Ketiklah komitmen anda, dan cetaklah pada selembar kertas. Bubuhkan tandatangan anda, dan tempatkanlah pada pigura, lalu gantunglah/tempatkan pada tempat yang gampang anda lihat setiap waktu. Ia akan menjadi pengingat akan komitmen anda pada saat anda putus asa atau mengalami kesulitan!


BAB 3 - KEKUATAN SIKAP

Sikap menentukan pencapaian anda

Ketika sikap kita mengatasi kemampuan, bahkan yang tidak mungkin pun menjadi mungkin.
Mimpi – sikap positif = pelamun,
Sikap positif – mimpi = orang yang menyenangkan tapi tidak bisa sukses,
Mimpi + sikap positif = potensi tanpa batas!

Maka, faktor utama yang menentukan kesuksesan bukanlah bakat, kepandaian dan kesempatan, melainkan sikap positif. Lowell Peackok: “Sikap adalah kualitas pertama yang menandai orang sukses. Jika ia mempunyai sikap positif dan seorang pemikir positif, menyukai tantangan dan situasi sulit, ia telah memperoleh setengah kesuksesannya.”

Sikap anda tidak hanya mengarahkan masa depan, tapi menentukan siapa anda hari ini. Cobalah bercermin, dan lihatlah wajah yang sedang terpantul dari cermin itu. Itulah siapa dan apa yang anda pikirkan saat ini.

Sikap anda saat ini adalah suatu pilihan

Sikap yang anda ambil menjadi tanggung jawab anda sepenuhnya. Anda tidak bisa menyalahkan keadaan, orang lain, masa lalu atau keterbatasan yang anda miliki. Anda mungkin tidak dapat mengontrol keadaan di luar anda atau masa lalu, dan anda punya kekurangan dan keterbatasan, tetapi ANDA-lah yang memiliki pilihan dan bertanggung jawab sepenuhnya pada reaksi anda terhadap semua hal yang terjadi.

Seberapapun terbatasnya anda, anda harus belajar utuk hidup dengan semua itu, dan menjadikan keterbatasan itu pengarah dan pembimbing langkah anda dalam perjalanan, dan bukan malah menghalangi anda.

Ingat, anda dapat berubah! Dimanapun anda berada kemarin atau senegatif apapun sikap anda dahulu, anda dapat lebih positif hari ini, dan itu akan membuat suatu perubahan yang sangat luar biasa dalam potensi dan hidup anda. Jadi, pilihlah untuk bersikap positif!

Sikap anda menentukan bagaimana anda mendekati perjalanan

Sikap anda terhadap hidup menentukan sikap hidup terhadap anda. Cara anda berpikir sangat mempengaruhi cara anda mendekati perjalanan menuju sukses.

Ingatlah :
Apa yang anda yakini dalam hidup menentukan cara anda memahami hidup,
Cara anda memahami hidup menentukan apa yang anda terima dalam hidup.

Jika anda mengharapkan yang terburuk, anda pun akan mendapatkannya. Jika anda mengharapkan yang terbaik, bahkan ketika keadaannya negatif, akan tetap negatif karena sikap positifpun tidak dapat mencegahnya. Anda bisa mengambil yang terbaik dari semuanya dan terus berjalan!

Sikap mempengaruhi semua aspek kehidupan anda, bahkan kesehatan. Oleh karena itu, orang yang bersikap baik dan positif biasanya dapat hidup lebih lama!

Sikap baik = sukses

Sikap baik memberikan bahan bakar untuk anda mengejar tujuan, menumbuhkan potensi dan menaburkan benih yang bermanfaat bagi orang lain. Ia memberikan kekuatan untuk terus memperbaiki diri. Itu yang akan membuat perjalanan anda lebih menyenangkan, kemanapun anda pergi.

Dan karena semuanya itu, ubahlah sikap anda! Ya, mungkin ada hal-hal tertentu dari anda yang tidak dapat diubah, tapi anda pasti dapat membuat sikap anda lebih positif. Cobalah sekarang juga!
John Wooden, pelatih UCLA: “Segala sesuatu menjadi bagus bagi orang yang menganggap bagus segala sesuatu”.


Tujuh Ciri Sikap Baik

Percaya diri – menghargai diri sendiri secara positif. Dengan percaya diri, anda bebas memfokuskan perhatian untuk memperbaiki diri dan meraih potensi anda, tidak disibukkan oleh kekuatiran tentang bagaimana kalau anda gagal, bagaimana pendapat orang lain terhadap anda dll yang menjadi ciri orang yang tidak percaya diri.

Melihat yang terbaik dalam diri orang lain – Jika anda memperlakukan orang lain secara positif, merekapun cenderung memperlakukan anda dengan cara yang sama. Jika anda mengharapkan mereka menyelesaikan pekerjaan dan anda memperlihatkan keyakinan anda pada mereka, biasanya mereka akan berhasil.

Catatan Fanda : Aku mau sharing sedikit pengalamanku. Aku punya seorang sahabat yang sekaligus kolegaku. Ketika aku tidak percaya diri untuk mendapatkan klien dari sebuah perusahaan multi-nasional (semua pendahuluku gagal mendapatkannya), sahabatku ini terus mendorong aku. Dia bilang dia percaya bahwa aku pasti bisa, dan dia tak pernah ragu ketika mengatakannya. Terdorong oleh optimismenya, dan rasa penasaran serta keinginan untuk membuktikan diri, aku terus berusaha. Dan akhirnya, memang aku bisa. Terima kasih untuk sahabatku yang selalu menyemangati aku dan selalu percaya kemampuanku…

Dan pada saat ada orang yang tidak memperlakukan anda dengan baik, maka bila anda orang yang positif, akan mudah bagi anda untuk tidak menanggapi mereka dengan serius, karena anda tahu anda telah melakukan yang terbaik dan anda dapat terus maju tanpa membiarkan hal itu mempengaruhi sikap anda.

Melihat kesempatan dimana-mana – Dalam keadaan apapun, orang yang positif selalu melihat kesempatan dimana-mana. Bagi mereka kesempatan tidak berdasarkan keberuntungan/posisi. Kesempatan ada dimana anda menemukannya.

Fokus pada solusi – Semua orang bisa melihat masalah, tapi orang yang positif melihat solusi di setiap masalah, dan kemungkinan di setiap hal yang tidak mungkin. Karena orang positif memiliki pikiran yang fokus pada solusi.

Rindu untuk memberi – “Memberi adalah tingkat hidup tertinggi”. Tak ada hal yang mempunyai dampak positif pada manusia selain memberi. Orang yang positif memfokuskan waktu dan energi pada apa yang mereka berikan pada orang lain, daripada apa yang bisa mereka dapatkan dari orang lain. Yang membedakan bukan apa yang anda miliki, melainkan apa yang anda lakukan dengan apa yang anda miliki. Hal itu berdasarkan sepenuhnya pada sikap.

Gigih – Ketika anda memiliki sikap positif, akan lebih mudah bertahan ketika ada kesulitan. Anda percaya bahwa segala sesuatu terjadi untuk yang terbaik, sehingga anda tidak keberatan dengan sedikit ketidaknyamanan. Dan ketika segala sesuatu menjadi rusak, anda tetap bertahan karena anda percaya pertolongan akan segera datang.

Bertanggung jawab atas hidup mereka sendiri – Orang yang sukses tidak lari dari tanggung jawab, karena mereka mengerti bahwa sesuatu yang positif tidak akan terjadi kecuali anda mau melangkah ke depan dan bertanggung jawab atas diri anda sendiri.


6 Tips untuk selalu berpikiran positif

Mengklaim tanggung jawab, bukan hak – Jika anda focus pada hak, maka ketika dunia ini berlaku tidak adil pada anda, anda akan mudah jadi marah, sinis, benci dll. Anda tidak akan dapat membuat kemajuan karena anda lebih sering melihat ke belakang daripada ke depan. Maka, berhentilah mengkhawatirkan hak, dan fokuslah pada arah yang benar. Anda mengenal apa yang salah, tapi anda bisa memaafkan mereka dan fokus pada apa yang bisa dikontrol, yang merupakan tanggung jawab anda.

Bergabung dengan orang-orang positif – “Yang membedakan siapa dirimu saat ini dan orang seperti apa anda 5 tahun lagi, adalah dari buku yang anda baca dan teman sepergaulan anda”. Jika anda menghabiskan waktu dengan orang-orang yang positif, anda membantu diri sendiri :
* Untuk melihat segala sesuatu dari sudut yang lebih baik.
* Untuk menyelesaikan berbagai hal dengan cara yang lebih baik.

Lalu siapakah teman terbaikku ?
Henry Ford: “Sahabat terbaikmu adalah dia yang mampu mengeluarkan apa yang terbaik dari dirimu”.

Catatan Fanda: Seorang sahabatku pernah menghadiahi aku buku karangan John Maxwell juga pada ultahku pas thn 2000. Judulnya: Jembatan Menuju Masa Depan. Dalam buku itu banyak ungkapan-ungkapan yang menunjukkan siapa ‘teman’ kita sebenarnya.

Jadi, pikirkan segi apa yang dikeluarkan sahabat anda dari anda? Jika itu bukan segi baik, berarti ini saatnya anda membuat perubahan !

Buat ‘saat ini’ menjadi kebahagiaan anda – Hiduplah selalu untuk hari ini. Ketika anda berfokus pada masa lalu atau masa depan, anda merampas potensi masa kini. Namun ketika anda memberikan perhatian pada masa kini, anda membuka diri pada semua kemungkinan yang ada pada saat ini.

Temukan jalan untuk menghilangkan stress – Stress melelahkan orang dan mendorong pikiran negatif untuk muncul. Maka, temukan cara positif untuk menghilangkan stress dari hidup anda.

Jangan terlalu serius pada diri sendiri – Ada orang yang menganggap sukses adalah bila orang lain menganggap kita orang penting. Sebenarnya sukses lebih tergantung pada sikap anda, daripada orang sepenting apa anda anggap diri anda. Jalani hidup dengan lebih menyenangkan, selingilah dengan humor, maka anda akan lebih enjoy dalam perjalanan sukses anda.

Ambillah tindakan untuk mengubah sikap anda – Andalah satu-satunya orang di dunia ini yang berkuasa untuk membuat perjalanan sukses anda lebih baik. Dr. William Glasser: “Bila anda mau mengubah sikap, mulailah dengan perubahan di dalam tingkah laku.” Perubahan memerlukan tindakan. Jangan menunda-nunda, anda harus memaksakan diri anda untuk berubah sekarang juga.

Henry Ford: “Apakah anda berpikir bisa atau tidak bisa, anda benar!”



…..Lanjutkan ke Bagian 2

2 comments:

  1. thanks udah di tag..membangun motivasi banget

    ReplyDelete
  2. Halo kak, boleh minta e-book untuk buku ini? Email ke mana ya?
    Thank you before..

    ReplyDelete