Wednesday, April 21, 2010

Menyambut Hari Buku Sedunia 2010

Buat anda yang suka membaca buku, tanggal 23 April 2010 merupakan salah satu tanggal yang harus anda tandai di kalender. Mengapa? Karena pada tanggal 23 April 2010, seluruh dunia akan memperingai Hari Buku Sedunia. Mengapa tgl 23 April? Ini secuplik sejarahnya…

Di tahun 1995, UNESCO memutuskan bahwa Hari Buku dan Hak Cipta se-Dunia akan dirayakan pada tanggal ini karena bertepatan dengan festival Katalonia dan juga karena bertepatan dengan tanggal ulang tahun kelahiran dan kematian William Shakespeare, kematian Miguel de Cervantes , Inca de Garcilaso la Vega dan Josep Pla , kelahiran Maurice Druon , Vladimir Nabokov , Manuel Mejía Vallejo dan Halldór Laxness ada di tanggal ini. (sumber: dari sini)

Di Indonesia sendiri, sejak tahun 2006 Hari Buku Sedunia ini sudah dirayakan. Untuk tahun 2010 ini WBD Indonesia mengambil tema “Kepergok Membaca”. Beritanya bisa dilihat disini. Tujuannya adalah untuk melihat antusiasme membaca di masyarakat Indonesia, dan tentunya agar budaya membaca makin menjadi gaya hidup masyarakat kita. Bukankah membaca itu membangun wawasan? Dan bukankah Negara kita selalu bercita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa? Cara apakah yang paling gampang mewujudkannya? Urusan sekolah adalah urusan Dinas Pendidikan kan? Bagaimana dengan kita semua? Kita bisa loh ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa itu.

Caranya? Selalu tularkan kebiasaan membaca kepada semua orang. Awalilah dari diri anda sendiri dan orang-orang terdekat anda, terutama…anak-anak anda! Tak perlu menghabiskan gaji sebulan untuk memborong buku (buku kan tak bisa untuk membuat asap dapur mengepul!). Cukup canangkanlah niat anda untuk membaca buku sedikitnya 5-10 buku dalam setahun. Tak perlu harus yang tebal-tebal, tapi pilihlah yang benar-benar cocok buat kebutuhan anda.

Harga buku mahal? Ada banyak pilihan kok. Misalnya nih, ikutan acara giveaway atau hibah buku dua sahabat bloggerku: Dela dan Fanny. Siapa tahu anda bisa menang? Tapi kalau buku mereka bukan yang anda sukai, anda bisa pinjam di perpustakaan (sayangnya perpus di Indonesia masih minim dan kurang baik pengelolaannya ya?), atau sewa di rental-rental buku. Atau, kalau anda tak mau repot-repot, belanja saja buku bekas online di Vixxio! Harganya murah, dan anda hanya tinggal memilih, transfer pembayaran, dan voila…beberapa hari kemudian buku akan tiba di hadapan anda dan siap dibaca.

O ya, mulai tgl. 23 s/d 7 Mei 2010 Vixxio juga ikut memeriahkan Hari Buku Sedunia dengan memberikan DISKON 30% untuk semua buku ber-label ‘30’. Klik saja link ini untuk menemukan buku-buku yang didiskon. Buruan aja kesana yah…

Jadi…banyak cara kan buat membaca buku? Yang penting sekarang adalah niat anda saja. Ayooo…bangun niat untuk membaca buku mulai hari ini yaa!!

21 comments:

  1. well done!!!!

    ayo membacaaaa.. :)

    ReplyDelete
  2. Haiiii Mbak Fanda...
    Kalo aku siy lebih suka PINZAM Buku, sesuai dengan semboyanku, "kalo bisa pinzam, kenapa harus beli?" heheheh :D

    O iyaa... Selamat Hari Kartini :)

    ReplyDelete
  3. wah, Fan...makasih ya udah dipromo juga nih.

    ReplyDelete
  4. Saya sudah baca lebih dari 5 buku lho mbak dalam setahun ini ^_^

    ReplyDelete
  5. Selamat hari buku sedunia.. (curi start)

    ReplyDelete
  6. Wuaa...baru tau event ini :)

    5 buku dalam setahun? koran dan majalah ngga masuk itungan y mba :)

    ReplyDelete
  7. Setuju, ayo membaca. Ada banyak cara untuk terus membaca.

    ReplyDelete
  8. Hehe jadi pengen malu mbak..., 'coz aku baru tahu ada Hari Buku Sedunia... *memerah pipiku*

    ReplyDelete
  9. Mau langsung meluncur ke Vixxio mbak... Permisi...

    ReplyDelete
  10. Aku termasuk orang yang senang membeli buku..tapi kalo urusan membaca kok males ya..hehe..kadang satu novel aja baru selesai baca setelah 3 sampai 6 bulan.. :p

    ReplyDelete
  11. sandy yes radio cilacapApril 23, 2010 at 11:52 AM

    thanks...ijin copas ya

    ReplyDelete
  12. oya, baru tau kalo ada prograk kepergok membaca.. baca beritanya dulu ah

    ReplyDelete
  13. interesting... meluncur ke vixxio dulu...

    ReplyDelete
  14. ooohh.. sesuai dengan tanggal kelahiran dan kematiannya William Shakespeare toohh?! baru tau aku mbak :D

    ReplyDelete
  15. memang ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa tetap membaca. sayangnya budaya membaca di kalangan anak-anak dan remaja masih belum berkembang.

    ReplyDelete
  16. salam kenal dari AlQadri
    http://aby-umy.blogspot.com

    ReplyDelete