Monday, April 14, 2014

[Guest Post] Pengakuan Emak Alvina: Antara Baca, Ngeblog, dan Rutinitas

Kali ini blog Fanda’s Book Shelf kedatangan seorang blogger tamu. Ini dalam rangka merayakan ulang tahun BBI (Blogger Buku Indonesia) yang ke 3. Untuk saling mengakrabkan diri dengan sesama anggota, kami saling ‘bertamu’ ke blog anggota yang lain sesuai undian. Kebetulan ‘tamu’ blog ini adalah Alvina, salah seorang anggota BBI yang sudah aku kenal sejak awal bergabung, pemilik blog Mari Ngomongin Buku. Ia ingin berbagi tentang pengalaman membagi waktu antara ngeblog dan menjadi ibu rumah tangga. Sebelumnya, yuk kenalan sedikit dengan Alvina…

Nama saya Alvina Ayuningtyas. Saya lahir di Jakarta pada suatu Sabtu di bulan Agustus. Selain membaca, menonton film adalah salah satu hobi saya. Aktor favorit, Matt Bomer dan Leonardo Di Caprio. Suka cokelat, nggak suka keju. Warna favorit biru, cita-cita mau jadi astronot (silakan ketawa). Sekarang saya tinggal di Solo bersama suami yang nyentrik dan dua anak yang imut.  Selain menjadi ibu rumah tangga, saya juga menulis beberapa buku nonfiksi bersama Tim dan sedang mengerjakan Tugas Akhir kuliah (yang belum rampung rampung). Buat yang mau menghubungi saya, entah untuk bertanya ukuran sepatu atau untuk menawarkan unicorn untuk saya pelihara, bisa menghubungi saya di twitter @alvina13 :)

Dan inilah yang Alvina sampaikan tentang ngeblog dalam hidupnya:

@@@@@@

Ngeblog buat saya adalah pelampiasan positif dari apa yang ada di pikiran. Setidaknya dengan ngeblog saya merasa puas telah berbagi sesuatu dengan dunia luar, meskipun jarang ada yang berkunjung ke blog saya, tapi toh saya sudah bangga. (pede maks) XD

Sayangnya saya tidak selalu punya waktu lebih untuk ngeblog, meski sebenernya ngeblog itu semacam 'wisata pikiran' buat saya yang kudu dilakukan minimal seminggu sekali lah.
Dengan dua anak, saya terbangun di pagi hari lalu mengikuti rutinitas : mengantar anak sekolah, menyiapkan makan, mengurus bayi, membereskan rumah, belum lagi kalau ada kerjaan yang harus dilakukan. Semacam koreksi draft, mbahas soal buat naskah, lalu menjelang siang saya sudah harus menjemput si kakak dari sekolah.

Dua bocah aktif jelas membuat saya memilih menemani mereka berdua bermain, dan menyisihkan beban tugas kerjaan untuk dikerjakan malam hari setelah keduanya pulas. Baru deh setelah malam, saya sempat mengerjakan tugas sesekali nyambi blogwalking atau posting di blog sendiri.
Terus kapan “me time” nya? Membaca buku, contohnya, salah satu “me time” favorit saya, sering saya lakukan sebagai sambilan. Sambil menunggu jemput anak, sambil meninabobokan si bayi, atau sambil makan xD. (Iya saya multitasking banget yah?) Makanya saya selalu punya dua buku untuk dibaca, yang satu buku cetak dan satu lagi e-book. Sepet sih kadang baca e-book, tapi daripada nggak baca apa-apa, jadi mulai beralih ke e-book juga, meski ngga sesering buku cetak untuk intensitasnya. Dulu sempat bermasalah dengan membaca dua buku sekaligus, tapi kelamaan akan terbiasa kok. Ala bisa karena biasa. X)

Sesekali saya juga menemani anak-anak sambil membaca buku, si kakak mengisi majalah kesukaannya dan si adek saya berikan buku kain. Tapi buku cetak jauh lebih menggoda, rupanya, sampai-sampai tiap buku yang saya baca selalu direbut oleh Si Adek. Lucu loh ngliatin anak bayi buka-buka buku yang tebelnya 400-500 halaman, tapi kudu hati-hati juga. Soalnya tangan lincahnya bisa merobek halaman-halaman di buku itu. Ada dua atau tiga buku saya sudah jadi korban ‘rasa penasarannya’. :)

Nah, untuk ngeblog biasanya saya sering terganggu kalau sudah online depan kompi. Yang ada malah Blogwalking atau buka FB atau twitteran atau tumblran atau nyari jurnal buat revisian tugas akhir (iya ini bo’ong banget). Saya menyiasatinya dengan menulis review buku yang telah saya baca, pertama-tama di ponsel dengan aplikasi tertentu, ada “Writer” atau kadang langsung saya tulis di gmail (untungnya di rumah pakai wifi). Setelah apa yang ada di pikiran saya itu tertuliskan, baru saya simpan dan bisa saya kopi ke M.word (iya ke word dulu) dicek hurufnya, ditambahin apa yang kurang, termasuk nambahin quote-quote yang sebelumnya ngga sempat saya tulis lewat ponsel. Setelah itu baru deh dikopi ke blog dan siap diposting.

Ribet yah? hahah.. Iya sih kalo diliat memang ribet, tapi ini membantu banget terutama kalau saya lagi banyak kerjaan atau lagi males ngedeprok di depan komputer. Ponsel sangat membantu saya dalam hal-hal kecil beginian, sampai-sampai selama tiga tahun terakhir ini saya sudah menghabiskan dua batu baterai untuk si ponsel. Mungkin kecapekan juga kalik ya karena sering saya pake aplikasi ini itu  XD

Ngeblog saya lakukan hanya sebentar-sebentar, sesekali saya curi waktu untuk membuka dashboard untuk melihat kolom komentar, tapi seringnya kelupaan untuk jawab komen x/ Ini masih belum kalau si kecil nangis tiba tiba, alhasil kerjaan belum selese, ngeblog pun batal. Hahahha. Tapi dibawa enjoy aja kalau saya sih. Karena kan tujuan baca-ngeblog itu buat senang-senang. Lagian saya juga nggak tiap hari sesibuk itu, jadi masih cukup sering bisa berselancar di dunia maya lewat komputer.

Begitulah, saya ‘mengatur’ waktu saya untuk membaca-ngeblog-dan menjalani hari. Hihi, terima kasih untuk Mbak Fanda yang sudah berkenan menerima saya sebagai tamu di blognya. Terima kasih juga untuk divisi event yang membuat saya punya kesempatan bertamu di rumah blogger buku lain. :D

Saya Alvina, si empunya @alvina13. Paling suka membaca buku bertema fantasi yang juga bermimpi bisa memelihara Naga dan Unicorn, apalagi kalau mereka juga suka baca. XD Saya gabung di BBI pada bulan Juni 2011, Kala itu masih newbie sekalee, dan masih ingat postingan baca bareng pertama saya The Day of The Jackal, (bulan Juli) yang saking semangatnya langsung saya buru di toko buku begitu judul baca barengnya telah ditetapkan. Bergabung di BBI memiliki banyak input positif bagi saya, yang emang dasarnya doyan baca dan nulis. Ritme tulisan saya jadi lebih teratur, hampir setiap saya selesai membaca buku, selalu saya sempatkan menulis resensinya, jadi saya lebih sering melatih kemampuan saya mengungkapkan suatu hal dalam bentuk kata-kata. (Iya sih kadang ngeresensinya juga ngasal jadi. Etapi kan yang penting nulis :p) Dari BBI saya jadi punya banyaaak daftar buku yang ingin dibaca, daftar belanjaan buku yang ingin dibeli, dan daftar timbunan yang menuh-menuhin lemari x_x. Semoga tiga tahun ini membuat anggota BBI makin solid, makin berkontribusi terhadap dunia sastra di Indonesia, dan makin berwarna bahasannya. :)

@@@@@@

Terima kasih untuk Alvina yang mau bertamu di blog ini, semoga makin giat membaca dan ngeblog meski dengan segudang kesibukan ya! Selamat Ulang Tahun juga untuk BBI yang ke 3, semoga makin dewasa usiamu, semakin banyak manfaat yang kami rasakan dengan bergabung denganmu! :)

Guest posts lainnya bisa dilihat di sini:


8 comments:

  1. aaahhhh.... anak2nya Vina lutu tekali.... !!!! iya tuh, emak multi-tasking banget, sampe2 kopdar aja masih pake nyempetin nyusuin si Z yg amat sangat imut itu, hehehehe...

    ReplyDelete
  2. Aduh, itu anaknya Kak Vina namanya siapa ya, lupa melulu XD
    Setuju, me time yaa saat baca buku :D

    ReplyDelete
  3. nice post mbak alvina..
    baca bareng pertama yg ruar biasa ya.. Jackal.. :)

    ReplyDelete
  4. Ya ampun, imutnya yang ngacung tangan itu! >,<
    Suka salut deh sama emak emak yang rajin baca apalagi ngeblog. Aku belum jadi emak aja, disiplin baca dan ngeblognya ampun ampunan. Mbak Vina fighting! Setuju soal bersenang-senang. Membaca dan menulis memang menyenangkan.

    ReplyDelete
  5. vina ini contoh emak2 muda yang multiperan banget deeeh XD eh iya vin, akupun sama, selalu mengandalkan ponsel kalo review.. biasanya di rumah aku ketik, nyampe kantor tinggal copy paste ke kompie :D *ketauan bloggingnya di kantor mulu*

    ReplyDelete
  6. Wih,,Vina hebat ya bisa multi tasking. Dedeknya lucuuu. Aku juga nulis review di ponsel dulu. Habis itu baru dirapi-rapihin di komputer. Sama kayak mba astrid bloggingnya di kantor. ;))

    ReplyDelete
  7. Kayanya kalo sudah emak2 kudu pinter multitasking ya :)

    ReplyDelete
  8. Good post. I just wanted to say that I have really enjoyed reading your blog posts. Any way I'll be subscribing to your feed and I hope you post again soon. by
    info kerja

    ReplyDelete