Sunday, July 5, 2009

Virus Dan Buku

Hari Minggu ini adalah hari yang sial buatku. Gara-garanya speaker di kamarku rusak, sedang aku ingin mendengarkan beberapa lagu Michael Jackson yang tersimpan di flashdiskku (biasa..saat seorang musisi baru meninggal dunia, seluruh dunia langsung memutar lagi lagu-lagu jadulnya). Solusinya aku menancapkan flashdisk itu ke kompi papaku, yang ada speakernya juga. One Day In Your Life mengalun lembut, dan Billy Jean menghentak dinamis. Puas, aku bawa lagi flashdisk itu untuk ditancapkan balik ke laptopku. Rencananya sih menyelesaikan ulasan sebuah buku yang tadi sedang kutulis, supaya bisa diposting besok (Senin).

Namun, rencana tinggal rencana, malahan musibah yang kudapat! Begitu flashdisk menancap, keluarlah warning dari AVG anti virusku bahwa seluruh file .exe yang ada di flashdiskku terkena virus Trojan, dan ga bisa ditemukan lagi. Haaa?? Itu berarti semua file dataku hilang? Oh no...don't do this to me!! Aku sudah nyiapin 2 tulisan buat posting dan 1 tulisan setengah jalan. Belum lagi sebagian kecil file kerjaku ada di situ pula. Sebelny
a bukan main! Aku sudah langsung berkeluh kesah ama Sinta lewat YMnya. Terbayang di benakku, aku harus mulai menulis ulang beberapa posting itu mulai besok.

Lalu aku baca nasihat Sinta di YM: "positif thinking mbak...jangan sedih, ini ujian buat ngendaliin emosi". Lalu kupikir, ya udahlah buat apa dipikirin terus. Mending aku curahkan isi hati ini lewat tulisan aja. Siapa tahu setelah kuposting, ada sahabat-sahabat blogger yang bisa membantuku menemukan kembali file-file yang hilang itu. Ya, kata adik angkatku yang sempat mengecek laptopku, file-file itu sebetulnya ga hilang, cuma disembunyiin aja oleh virusnya (hidden file). Kami sudah coba menemukan lagi pake Ansav, tapi programnya malah ga bisa running.

So, aku cepet-cepet buka MS Word, dan klik 'open file'. Eh...betapa terkejutnya aku, ternyata file-file postingku semua ada di situ!! Aneh ya? Kalo dibuka pake Windows Explorer, foldernya ilang. Tapi begitu
dibuka pake MS Word malah nongol. Jadi...langsung aja semua folder aku copy dan selamatkan ke hard diskku. Horeee..ga jadi ilang! Tapi aku tetap minta bantuan pada teman-teman, gimana cara menemukan/membuka kembali hidden file setelah terkena virus Trojan? Coz masih banyak folder yang belum ketemu. Please help yaa!!

Nah, sekarang setelah lega karena file ga jadi ilang, aku mau ngerjain PR yang diberikan Sinta bersama dengan award unik hasil karyanya sendiri. Inilah 'book award' dari Sinta:


Buku buat aku adalah investasi jangka panjang yang paling menguntungkan dalam hidup. Ibaratnya membeli saham suatu perusahaan yang berkembang pesat. Waktu beli harga sahamnya masih Rp 100, tapi setelah 5-10 tahun mungkin nilainya sudah menjadi 10-20 kali lipat. Begitu juga buku yang harganya, katakanlah Rp 40.000, namun nilai yang kita dapat dari buku itu bisa kita terapkan dalam hidup kita. Dan tentunya nilainya tak dapat di-rupiahkan.

Dengan aktif membaca buku, berarti kita bisa menjelajah ke ranah apapun, ke tempat manapun, bahkan ke masa apapun. Semua tentang hidup ini bisa kita temukan pada benda yang namanya buku. Orang lain bisa memenjarakan kita, atau bahkan penyakit melumpuhkan tubuh kita, namun siapa yang bisa menghentikan arus pikiran kita saat kita membaca buku? Makanya kalau disuruh memilih antara buku dan film, aku 10x lebih suka buku. Karena film hanya membawa imajinasi kita sebatas gambar yang ditampilkan. Sedang buku (bukan komik ya!) yang tanpa gambar, bisa mengajak pikiran dan imajinasi kita beba
s berkelana ke mana saja tanpa ada yang membatasi. Jelajahilah semua kemungkinan, yang bahkan kaukira tak mungkin, dan itu semua cuma butuh modal beberapa puluh ribu rupiah saja. Bagi aku buku = KEBEBASAN ! Bebas menginterpretasikan, bebas menghayati.

Membaca buku tentu membutuhkan waktu. Bagi aku yang hanya punya waktu luang di rumah dari jam 18.15 sampai 22.00 malam, tentu tak mudah untuk dapat memuaskan hasrat membaca buku. Makanya buku yang sedang kubaca selalu kubawa kemana-mana. Saat berangkat ke kantor, buku selalu ada di tas. Saat di perjalanan, lumayan bisa dapet 3-4 halaman. Saat di kantor (biasanya kalo bos ga ada dan belum ada tugas yang harus dikerjain), baca buku bisa dilanjutin. Be
gitu juga di rumah, selalu bisa aja curi-curi waktu di antara seabreg kerjaan, untuk membaca buku. Mungkin hari ini hanya 10 halaman, Sabtu/Minggu mungkin bisa 50 halaman, toh akhirnya akan selesai juga. Jadi, bagi anda yang ingin membaca buku tapi sulit meluangkan waktu, cobalah untuk membaca kapan saja ada waktu. Tak perlu target harus sekian buku per bulan, karena kalo tak tercapai malah jadi beban. Anggap saja membaca itu fun, dan lakukan itu tanpa beban!

Book award beserta PRnya ini (bercerita tent
ang buku) akan kulempar ke: Dwina, Yunna, Jeng Sri, Linda Belle dan Henny.

Ada juga dua buah award yang
kudapat (lagi) dari my younger sister in internet, Yunna.



Yang ini kuberikan buat mbak Reni, Buwel, Susy Ella, mas Sugeng, dan Inuel.
Beres dah PR dan bagiin awardnya, setelah ini kembali pada tulisan-tulisan yang belum sempat diposting yah... Jangan lupa kalo ada yang bisa membantuku tuk menemukan hidden file yaa!



34 comments:

  1. Semangat banget baca bukunya....?

    ReplyDelete
  2. gyaaaaa...makasih ya mbak fanda, udah ngerjain PR-nya.

    Aku setuju banget klo buku lebih imajinatif dibanding film. dan yang pasti sebuah buku tidak mendoktrin kita seperti sebuah film.

    So, saatnya untuk berteriak, "BEBASKAN IMAJINASIMU DENGAN BUKU"

    hehehehe...

    ReplyDelete
  3. Ya, buku adalah sumber informasi, gudang ilmu, juga sumber investasi yang tidak ternilai harganya. Salut dengan kepiawaian mbak Fanda mengatur waktu demi membaca buku. Selamat atas award2nya.

    ReplyDelete
  4. ambiuol award dulu,niti posting dulu,tyus baca,,hehhehe

    ReplyDelete
  5. Horeee, aku dapat award lagi. Makasih mbak Fanda yang baik.... tapi postingnya nunggu antrian ya, 'coz award dari mbak Elly aja belum sempat terpasang hehehe...
    Sekali lagi makasih banyak.. muaach..

    ReplyDelete
  6. Balik lagi..., untung aja bahan postingan gak jadi ilang ya mbak.
    Seenggaknya tidak terbuang waktu yg telah terpakai utk ngetik bahan postingan.
    Kalau soal virus sih, aku sama sekali ga bisa bantu karena emang ga tahu apa-2 tentang si virus itu.
    Semoga ada teman lain yg bisa bantu deh.

    ReplyDelete
  7. mbak fanda,,duh jadi kesindir ni,gg pernah baca buku soalnya.... ngga ada waktu emng bukan alasan,thu hanya akal akalan orang malas (seperti aku :( ) aku kan merubah sikap :) aku juga dah banyak dunlud E-book kok,makasih sharingnya mba,makasih juga awardnya !!

    ReplyDelete
  8. Buku sumber inspiratif.. memang benar buku adalah Jendela menatap dunia. Dari buku pula aku banyak belajar dan tentunya juga lewat share sama teman-teman...

    ReplyDelete
  9. Kalau dicari di "searh" nggak bisa juga? Untung dah ketemu ya.Saya juga pernah kehilangan atikel calon diposting diblog.Artikel saya ketik dikomputer adik lalu saya save di flash disk.Begitu sampai Surabaya tak buka ternyata nggak bisa.Kabarnya beda format antara laptopku dengan PCnya.
    maju terus dan selamat atas wardnya yang cantik dan imut.
    Salam dari pakfe di Surabaya.

    ReplyDelete
  10. @Abdul Cholik: Disearch ga ada, mas. Yg ketemu cuma 1 folder. Msh ada 3 folder lainnya yg belum ketemu. Ada yg bisa bantu ga ya??

    ReplyDelete
  11. hmm award lagi... lagi menjamur nih..

    hmm ada sebuah kalimat dari pengarang black swan yg masih saya inget.

    perpustakaan bagi kebanyakan orang adalah tempat menumpuk buku-buku yang telah dibaca...kesalahan besar.

    perpustakaan seharusnya adalah tempat ilmu yang belum pernah kita dapatkan. is it right?

    ReplyDelete
  12. Waduh kalo virus trojan maaf neh buwel gaptek...hehhehehhe....
    selamat untuk awardnya mbak.......dan makasih ya buwel dapat terus di sini...makasih sekali lagi...

    ReplyDelete
  13. Mbak... :) mesem-mesem. tengah malam baru nongol. Kecapean nih mbak, sedikit gak enak badan. :)

    Duh, rajin amat. Dah selesai peer dari Shinta, tinggal saya dunk mbak :)

    Setujuuuuu... saya lebih suka baca buku berbanding nonton film. :)

    ReplyDelete
  14. thanks y ...d komen di blog saya yang jelek n g ada apa2nya itu (merendah nih ye...) baca buku tuh klw untuk saya dilema, dapat topik yng mnarik & ssuai minat paling smngat baca bukunya, tpi gliran dpt buku kuliah malasnya minta ampun...ada saran??

    ReplyDelete
  15. WAh perlu dibaca nih, lam knal

    ReplyDelete
  16. Buku memang Kutu ibarat arti semua informasi dalam buku membawa kita ke arah sisi pengetahuan yang nantinya kita tau

    ReplyDelete
  17. wah emank ngeselin kalo dah kena virus/trojan...
    btw kemungkinan file dan foldernya disembunyikan dengan merubah atributnya menjadi 'Hidden' dan 'System'.
    biasanya setelah flashdisk di 'full scan' pake anti virus terus kembalikan lagi status attribut file yang disembunyikan oleh trojan tsb lewat command prompt windows (masuk ke drive flashdisk, misal: drive 'F:' lalu ketik 'attrib -H -R -S -A /D /S'), sudahkah?
    yup semoga ditemukan kembali file2nya yahh mba'...

    ReplyDelete
  18. thanks say...
    awardnya ttg buku secara gw suka bgt baca buku heheh....

    ReplyDelete
  19. Trus baca buku... makin banyak ilmu makin maju. Dibagi ya ilmunya via blog...

    ReplyDelete
  20. makasih awardnya!!! simpen dulu ya... lagi bosen posting award mulu...

    ReplyDelete
  21. kemaren kamu pusing krn virus...
    udah 3 hari ini aku pusing krn blog ku kok gak realtime...kadang tampilannya cuma sampai bulan april aja..bln juli gak ada...
    posting di tgl 5 juli..malah gak tampil di blog..duhh, pusing nii..
    hehehe sori, kok malah curhat... :))
    eniwei, selamat awardnya yaa.. :)

    ReplyDelete
  22. suka sebel kl dah baca bukunya trus dituangkan ke film. jarang2 ada yg lebih bagus drpd yg kita bayangkan saat baca buku.

    ReplyDelete
  23. Mbak Fanda Yth :
    Mohon maaf baru sempat Ol nih,.. Jeng inet lagi super lemot, udah tiga hari.
    bagi2 Award lagi?....
    Oh yah, ada tips untuk file yang terhidden,seperti yang sering aku lakukan :

    1. Buka Command Prompt dengan cara Klik Start Menu – Accessories – Command Prompt

    2. Tampilan pertama pada command prompt akan tampak seperti ini :

    “C:\Documents and Settings\Username>” tanpa tanda kutip, dimana username merupakan profiles anda di komputer tersebut.

    3. Setelah itu masuk ke Folder dimana file-file yang terhidden anda tersimpan. Misal kalau anda menyimpan file-file yang terhidden di folder document pada drive D maka anda masukan perintah berikut ini : “cd /d d:\document” tanpa tanda kutip sehingga tampilan di command prompt akan tampak seperti ini : “D:\document>”

    Tips : sebaiknya anda kumpulkan file-file dan folder anda yang terHidden dalam satu folder, sehingga anda bisa menghemat waktu dan tidak harus melakukan langkah ini pada setiap file atau folder yang terhidden.

    4. Waktunya anda merubah file-file anda tersebut menjadi visible atau tidak terhidden lagi, dengan memasukan perintah berikut : (tanpa tanda kutip)

    “attrib -r -a -s -h /s /d” dengan perintah ini, maka semua file dan folder didalam folder tersebut (folder document di langkah 3) akan kembali muncul, dan tidak terhidden lagi.

    Silahkan coba moga berhasil.
    Thanks.

    ReplyDelete
  24. sekarang sedang bedah buku apa. mbak?

    ReplyDelete
  25. Setuju :) Membaca buku memang penting, selain itu juga sangat mengasyikkan, justru yang curi2 waktu itu juga yang membuat saya punya waktu untuk meresapi apa yang sudah dibaca dan mengantisipasi apa ya selanjutnya, haha, kayak permainan pikiran deh pokoknya.

    Selamat atas award-nya ya..

    ReplyDelete
  26. Ikut lega, filenya ga ilang semua. Salut ama semangat baca bukunya!
    O iya mo jwb yg ini: iya ngefans berat ama Ballack n timnas Jerman. Short stories? Hehe.. sementara ini ga diposting.. ga tau klo ntar berubah pikiran ;D

    ReplyDelete
  27. wah kalau emang data mbak fanda yang hilang beneran cuman di hidden ma virusnya mbak fanda bisa :
    1. tancapkan flashdisk
    2. masuk ke command prompt dengan mengetik tombol windows+R
    3. misal flashdisk mbak fanda ada di drive G, mbak fanda ketikkan G: di command prompt, tekan enter.
    4. lalu ketikkan attrib -s -r -h /s /d * tekan enter

    perintah di atas untuk merubah attribut file, folder, dan sub folder, menjadi bukan file system, bukan read only, dan tidak hidden.

    catatan : "hidden file"
    soalnya virus sering juga mendelete, rename, dan menginfeksi(merubah). lain permasalahan lain penyelesaian.

    di coba saja mbak. :-)
    semoga membantu...

    ReplyDelete
  28. wah saya kurang paham masalah hiden file mba, tapi dari mas Jimox kayaknya boleh juga di coba mba ...

    selamat buat awardnya aja , dan selamat membaca buku lagi :)

    ReplyDelete
  29. Mbak fanda, maaf seribu maaf
    baru menjemput awardnya
    langsung tak bungkus aja ya
    Nanti tak pasang beserta award2 yang lain, abis nyicilnya cuapeeee, hehehe

    btw, keren deh rumah barunya mbak, catnya ampe kecium ke Dublin ;).

    ReplyDelete
  30. makasih buat awardnya ya mbak..maaf henny baru sempat mampir dan ambil sekarang. soalnya 2 hari kemarin lagi liburan

    ReplyDelete
  31. Hi…



    Ada info penting banget nih.. Tahun ini Jawaban.Com kembali mengadakan event gede-gedean untuk Para Bloger Kristen, yaitu Christian Indonesian Blogger Festival 2009 (CIBfest 2009). CIBfest kali ini bertema "Menjadi Jawaban Melalui Kreativitas Yang Berdampak". Ada hadiah berupa uang tunai Rp. 15 Juta Rupiah untuk 3 orang pemenang.Pastikan kamu ikutan juga Writing Competitionnya, siapa tahu hasil tulisan kamu terpilih untuk dibukukan! Yupz, Jawaban.Com bekerjasama dengan PT. Elex Media Komputindo akan menerbitkan buku kumpulan karya finalis CIBfest. Kamu ingin ikut terlibat dalam event ini? Caranya gampang dan Gratis!!! Ayo buruan daftar!! Pendaftaran terakhir tgl 30 Agustus 2009 loh.. Jadi log on langsung ke www.cibfest.jawaban.com



    Di tunggu yaaa….. God Bless…

    ReplyDelete
  32. wah, saya gak ngerti nih kalo soal virus. sekarang gimana Fan? udah ketemu filenya?

    ReplyDelete
  33. Wah, jadi ingat pengalaman saya tahun lalu. Juga karena flash disk. Seluruh data saya berisi fiksi buatan sendiri terkontaminasi virus worm.

    ReplyDelete