Saturday, April 17, 2010

Tentang Blog Baca Buku Fanda

Akhir-akhir ini sedang marak sebuah tag yang beredar ke para blogger, isinya menyuruh kita menjawab tentang blog kita. Bagus juga ide ini, karena kita jadi diingatkan kembali tujuan awal kita dulu memutuskan untuk ngeblog. Aku dapat tag ini (lagi) dari Fanny. Aku harus 'say thank you' ke Fanny, karena meski aku sudah mendapatkan tag yang sama untuk blog Curhat Fanda sehingga aku harus mengerjakan ulang untuk blog ini, tapi tag ini menyadarkan aku untuk lebih banyak lagi meluangkan waktu (yang sebenarnya sudah hampir penuh) untuk terus berbagi dengan semua orang. Membaca memang mengasyikkan, bahkan memabukkan, tapi apalah arti semuanya itu kalau aku hanya menikmatinya sendiri.

Jadi, inilah sedikit tentang blog ini...

1.Apakah nama profile blog-mu? Apa artinya?

Fanda, tentu saja. Itu namaku, yang kata ortuku diambil dari salah satu spesies anggrek: Vanda.

2.Apakah nama blog-mu, apa artinya dan mengapa dinamakan seperti itu?

Baca Buku Fanda. Dimaksudkan agar banyak orang bisa ikut membaca apa yang aku baca. Karena membaca buku adalah hobbyku yang terbesar, dan makin lama aku makin merasakan kebutuhan untuk berbagi semua yang kubaca dan memenuhi otak dan jiwa, dengan siapa saja yang berminat juga untuk membacanya. Jadilah blog ini didominasi oleh buku-buku yang pernah aku baca, dan kisah-kisah inspiratif yang memberiku makanan rohani.

3.Sejak kapan mulai tertarik untuk membuat karya tulisan?

Sejak lama sebetulnya, karena aku sering melihat (sekaligus membaca) karya tulis papaku, yang semuanya adalah hasil permenungan religi. Aku berangan untuk bisa menulis seindah tulisan papaku, yang seringkali berhasil membuatku, dari menitikkan air mata hingga menangis sesenggukan. Salah satu yang paling menyentuh aku adalah sepucuk surat, hadiah terindah dari seorang ayah buat putrinya yang sedang berulang tahun. Baca disini.

Aku juga sering penasaran, bagaimana para penulis yang aku kagumi, seperti Agatha Christie, JK Rowling dan John Grisham begitu piawai mengaduk-aduk emosi dan pikiran pembacanya, hanya dengan kata-kata. Kata-kata itu mampu membawa pembaca ikut merasakan emosi tokoh-tokohnya kemanapun mereka membawa kita. Bahkan ke dunia fantasi (yang menurut akal sehat tak bisa diterima) seperti Harry Potter. Dari situlah aku makin penasaran, gimana ya cara mereka menulis? Bisakah suatu saat nanti aku menulis seperti mereka? Mungkin tak perlu menjadi kaya raya seperti mereka, cukuplah kalau aku bisa mempengaruhi banyak orang dengan tulisanku. Kapan ya aku bisa??

4.Apa motivasimu membuat blog ini?

Idem no. 2, ingin berbagi semua kekayaan literatur yang telah kudapat selama ini, sekaligus menginspirasi banyak orang ke arah hidup yang lebih baik, yang berkenan di hadapanNya.

5.Siapa yang menginspirasimu untuk membuat blog?

Blog adalah salah satu fenomena dunia saat ini, sebagai orang yang suka belajar hal-hal baru, blog aku sadari sebagai media yang tepat untuk mengasah kemampuan menulis, sekaligus berbagi.

6.Siapa(-siapa) teman bloger yang mengajari dan membantumu membuat blog? (say something for apreciation)

Ini sudah terjawab di tag yang di Curhat Fanda. Thanks for all of you, once again.

7.Sekarang sudah punya berapa blog? Apa aja?

Blog ini adalah blog berbahasa Indonesia yang pertama. Adik-adiknya bisa dilihat di tag satunya.

Ada yang ingin mengerjakan tag yang sama? Silakan saja men-tag diri sendiri ya... Ayo kita sebarkan virus membaca dan berbagi tulisan demi masa depan bersama yang lebih baik. Ayuuuk...!

17 comments:

  1. Wah..dunia blogspere sedang diramaikan dg tag ini. Selamat siang mbak Fanda..

    ReplyDelete
  2. siang mbak....
    Singgah menyapa ditengah ujian....

    ReplyDelete
  3. (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    Tag dikerjakan dengan tuntas....

    ReplyDelete
  4. wha, udah dikerjain, aku malah belum sempet nih, fan. ini juga lagi di toko hape orang. bawa lappy krn kartu smart lagi masalah. tapi udah beres sih. udah ditukar dgn yg baru. makanya, lappy dibawa2 nih.

    ReplyDelete
  5. Membaca ini jadi makin tau pengalaman menulis dan pengalaman blogging mba Fanda. Selamat sore sobat.

    ReplyDelete
  6. heheheh kebiasaan tag ternyata masih marak ya?
    EM

    ReplyDelete
  7. mbak fanda memang care banget tag yang sudah dikerja dikerja kembali di blog ini

    ReplyDelete
  8. Mbak Fanda mengerjakan tag yg sama di kedua blog ya..? hehehe
    Salut deh... aku aja belum sempat mengerjakan tag ini.

    ReplyDelete
  9. mbak fanda blog motivsi sukses aku sekarang bermasalah, selalu galat pas diakses ke homepage-nya tetapi kalo masuk di dashboard tetap bisa,,,,

    jujur sebelumnya saya pernah memasang kode adsense yg berbahasa inggris ke blog motivasi sukses, setelah di-save, langsung galat mbak??? mohon solusinya..... :)

    ReplyDelete
  10. Sebuah Apresiasi yang sangat tinggi oleh Mbak Fanda.... betapa pentingnya amanah yang diberikan oleh seorang sahabat.
    Moga Mbak Fanda bisa menerima Award dari saya juga... boleh diposting dimana di blog yang mana saja.... yang penting bukan blog orang lain.. wakakakaka...
    Selamat sore..

    ReplyDelete
  11. @mas Arif: wah...aku juga baru dengar yg kayak gini sekarang nih. Dugaanku juga karena GA itu. Tapi coba aku tanya pendapat teman2 lainnya yah, sekalian cara mengatasinya. Aku ga bisa ke blog mas Arif, jd tunggu jawabannya di sini aja ya...

    ReplyDelete
  12. mbak fanda gmn kabarnya.......maap mbak baru sempet mampir,saya lagi sibuk ngetik skripsi hehe....

    ReplyDelete
  13. BERKUNJUNG MALAM SOBAT SUKSES UNTUK BLOGNYA SALAM HANGAT
    SEE U......

    ReplyDelete
  14. wah saya baru tahu kalo vanda adalah nama spesies anggrek... hmmmm, tulisan2 papanya uda di-blog-kan belum mbak ?

    ReplyDelete
  15. Kok nggak ada yang nge-tag diriku? Hiks..!

    ReplyDelete
  16. Baca Buku Fanda. Dimaksudkan agar banyak orang bisa ikut membaca apa yang aku baca...

    Pas bener tuh. Sering2 berkunjung kemari bikin saya merasa udah baca banyak buku, padahal sebenernya saya gak hobby baca buku loh

    ReplyDelete