Monday, July 2, 2012

Mid-Year Reading Challenges Update


Tak terasa kita sudah menapaki bulan Juli, itu artinya setengah perjalanan tahun 2012 telah kita lalui. Sekarang tiba saatnya ‘bersih-bersih’ rumah, alias melihat kembali apa saja yang sudah aku selesaikan, dan apa yang masih harus kulakukan di paruh kedua tahun ini. Meski blog ini sudah lama tak ku-update, bukan berarti aku meninggalkan kegiatan membaca buku, hanya saja akhir-akhir ini aku lebih banyak fokus ke bacaan klasik (reviewnya terbit di blog Fanda Classiclit), dan historical fiction (review bisa dilihat di Fanda Historical Fiction). Sementara itu, mari melihat bagaimana performaku dalam (banyak) reading challenge yang kuikuti tahun ini…

What’s In A Name 5

Sejauh ini challenge ini yang tantangannya paling besar karena tugasnya adalah membaca buku dengan tema yang telah ditentukan, dan tentu saja butuh kreatifitas untuk dapat menyelesaikannya.

Sejauh ini aku baru menyelesaikan 2 dari 6 buku yang harus kubaca. Untungnya, aku sudah mendapatkan buku-buku yang sesuai tema, dan tinggal memasukkan jadwal baca di semester 2 ini. Pencapaianku bisa dilihat di sini. Buku-buku yang masih harus dibaca:
  • Notes from Underground – Fyodor Dostoyevsky
  • Pesawat Pos Selatan – Antoine de Saint-Exupery
  • The Scarlet Letter – Nathaniel Hawthorne
  • Twenty Years After – Alexandre Dumas


Victorian Challenge 2012

Untung saja tahun ini challenge ini bersamaan waktunya dengan A Victorian Celebration yang juga aku ikuti selama Juni & Juli, sehingga secara otomatis buku-buku yang harus aku baca dapat digunakan untuk mengikuti keduanya. Dari jumlah 10 buku/film yang aku masukkan, tinggal 1 buku dan 1 film yang masih belum terselesaikan J. Pencapaianku selama ini bisa dicek disini. Sebenarnya aku sudah menonton film A Christmas Carol untuk challenge ini, hanya belum sempat mereview saja, sedang buku yang masih harus kubaca:
  • The Jungle Book – Rudyard Kipling


Historical Fiction Challenge 2012

Sepertinya ini challenge paling ambisius yang kuikuti tahun ini. Membaca 15 historical fiction selama setahun. Dan kalau anda mengintip di pencapaianku, ternyata aku telah berhasil menuntaskan 9 di antaranya. 6 buku lagi yang masih harus aku baca:
  • The Help – Kathryn Stockett
  • Anthony and Cleopatra – Colleen McCullough [belum terbit terjemahannya, semoga terbit tahun ini, tapi kalaupun tidak, aku akan switch ke judul lain]
  • Pompeii – Robert Harris
  • World Without End – Ken Follett  [belum terbit terjemahannya, semoga terbit tahun ini, tapi kalaupun tidak, aku akan switch ke judul lain]
  • Vivaldi’s Virgin – Barbara Quick
  • Empress Wu – Shan Sa


Back to the Classics Challenge

Menurut pencapaianku untuk challenge ini, dari 9 buku yang dibaca sesuai tema, aku sudah menamatklan 7 buku. 2 buku lagi yang harus kubaca sebelum akhir tahun:
  • Gone With The Wind – Margaret Micthell
  • Lord of the Flies – William Golding


Book In English Reading Challenge 2012

Dan reading challenge yang di-host oleh Melisa ini kayaknya menjadi ‘the lightest challenge so far’. Tahun ini aku benar-bernar memacu diriku untuk membaca buku-buku berbahasa Inggris, dan sepertinya semakin lama aku jadi semakin terbiasa dengan bahasa Inggris. Maka dengan bangga kulaporkan J bahwa aku telah berhasil membaca 7 dari 12 buku. Karena aku harus membaca 1 buku per bulan untuk menaklukkan challenge ini, maka tugasku tinggal membaca 5 buku dalam 6 bulan, lumayan santai kan? J. Buku-buku yang sudah kubaca ada disini, sedang yang masih ada di tumpukan adalah:
  • The Old Curiosity Shop – Charles Dickens [sedang kubaca saat ini]
  • Anna Karenina – Leo Tolstoy
  • Lord of the Flies – William Golding
  • Gone With the Wind – Margaret Mitchell
  • Vivaldi’s Virgin – Barbara Quick


European Reading Challenge

Terakhir…reading challenge yang agak curang! :P Bukan hostnya yang curang, tapi pesertanya, alias aku J. Aku mengikuti challenge ini setelah berjalan beberapa bulan, dan sebenarnya saat aku ikut, aku tinggal membaca 1 buku saja untuk menggenapi 6 buku yang kurencanakan. Jadi…dengan (tidak) bangga aku mengumumkan bahwa sejauh ini hanya challenge inilah yang sepenuhnya telah berhasil aku selesaikan!! Detilnya ada disini. [motto: biar curang asal selesai J).

Goodreads Reading Challenge

Untuk yang ini, sudah jelas terlihat di sini bahwa aku suda menghabiskan 34 buku dari target 60 buku yang aku masukkan. Great work, you're 5 books (7%) ahead, horeee! Artinya, kurang 27 buku lagi, aku akan menyentuh touchdown! J

Jadi…setelah dihitung-hitung, aku masih harus menghabiskan 27 buku selama semester kedua tahun 2012 ini (karena semua buku tentu saja masuk ke target GR). Semangattt!! Eh, tapi bagaimana dengan challenge yang aku host sendiri? Post-nya akan menyusul yaa!

3 comments:

  1. Bulan lalu kepikiran buat semacam "laporan" perkembangan reading challenge-ku, eh ternyata keduluan mbak Fanda...

    Ayo mbak Fanda semangat... kan tinggal 27 buku lagi...


    Betewe, aku suka mottonya : biar curang asal selesai... (untuk reading challenge sih, kalau untuk yang lain ya enggak, reading challenge kan buat seneng-seneng aja)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...betul! Selain buat fun, juga buat memacu diri sendiri

      Delete
  2. Wduhhhhhh,,, gileeee banyak amat Mbakkk...! Berjuanglah. Saya semangatin aja.. hehhehe.

    ReplyDelete