Thursday, January 30, 2014

Membuka Kedok Secret Santa!

Tibalah hari untuk membuka kedok Secret Santa—sebuah event yang diadakan #BBI (Blogger Buku Indonesia) setiap akhir tahun, di mana kita sebagai Santa memberi hadiah sambil menyembunyikan identitas kita (ya iyalah..namanya juga Secret :D) kepada si X (penerima hadiah). Nah bedanya, di event ini kita memberikan riddle atau petunjuk tentang jatidiri kita, lalu di akhir event si X harus menebak siapa Santanya.

Dan beginilah kronologi kisah penemuan jatidiri Santaku yang baik hati….. :)

Begitu menerima paket dari kurir J*E yang tak bernama pengirim, aku langsung tahu pasti bahwa ini adalah kado Santaku. Yang pertama-tama kuamati adalah resinya. Dan meski tak ada nama, tapi langsung ketahuan bahwa paket itu dikirim dari Surabaya (dari ongkirnya, hihihi…). Naah…itu menjadikan ruang bidik ‘tertuduh’ Santaku jadi jauh lebih sempit. Sambil membuka paket, otakku langsung berputar pada teman-teman BBI-ers Surabaya yang tahun ini ikut Secret Santa.

Lalu petunjuk berikut ada di riddle-nya yang sudah pernah ku-post di sini.

Yang paling menarik perhatian adalah nama lengkap yang terdiri dari 3 kata itu, karena BBI-ers Surabaya jarang yang namanya 3 kata. Tapi yang paling unik adalah clue “putri Kaisar Rusia” itu. Untunglah aku tahu nama itu. Buat yang belum tahu…putri Kaisar Rusia namanya Anastasia :) Dan lalu….samar-samar aku jadi teringat ada seseorang yang bernama asli Anastasia, tapi nama itu gak beken di dunia maya. Maka akupun segera ubek-ubek data anggota BBI (No. Member BBI), cari para BBI-ers Surabaya yang namanya 3 kata. Awalnya hampir curiga sama Winda, eh tapi Anggraiena kan bukan nama Rusia yah…

Aku scroll down terus listnya….dan ketemulah Sang Putri Anastasia di no. urut 53….ini diaaa…




Lalu untuk meyakinkan, aku cocokkan 2 clue lainnya: nama yang berkaitan dengan bulan: Yoeliana = Juli, lalu yang banyak ditemui di hiasan pohon Natal adalah angel = Angelina. Tak cukup dengan itu, sang Santa, atau yang sekarang sudah boleh kusebut namanya ya, Inge….membubuhkan clue lagi di tanda tangannya, yang bikin jawaban riddlenya makin tak terbantahkan:

Btw, salam dari 2 malaikatku – ZZ

Makasih yaa…Ziandra dan Zianka, buat salam ZZ-nya! ^^

Maka demikianlah proses deduksi memecahkan kode Santa, yang ternyata gampang banget. Makasih Inge…..udah dikasih buku incaran, syal cantik, riddle yang gampang lagi. *peluk-peluk Inge* *sekalian sama Zianka & Ziandra* ;)

P.S. Review buku hadiah Santa Inge: The Racketeer


51 comments:

  1. Replies
    1. Iya mba'... riddleku terlalu gampang buat mba' Fanda >.<

      Delete
  2. Kirain si Mbak Andrea santanya, soalnya nama twitternya ada Kitty Shcherbatskaya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha....tapi putri Kaisar Rusia udah jelas Anastasia deh, dan gak ada Anastasia lain di BBI kan? ;)

      Delete
    2. weees SSBBI 2014 nggak bawa2 putri kaisar rusia lagi weeeessss :))

      Delete
  3. waaah keren mbak fan, aku baru tau itu nama lengkapnya inge XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...sampe sekarang aku juga masih bingung, kenapa panggilannya jadi Inge ya??

      Delete
    2. kok mba' Fanda aku sendiri juga bingung kok bisa jadi inge ya panggilanku?? #dikeplakemakku

      Delete
    3. Nah loo...tapi nek dipanggil Angel kok gak cocok ya, terlalu manis buatmu, wkwkwk *kabuuuurrr*

      Delete
  4. Hoalahh.. begitu toh cara pemecahannya..
    Hahah.. Keren, keren.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha....aku sih beruntung karena kebetulan tahu nama putri kaisar Rusia, dan pernah tahu nama asli Inge :D

      Delete
    2. huhu... aku aku nggak tau siapa santaku... semoga dia cepet ngaku di blogku... #curcol

      Delete
  5. Dari ongkirnya, Mbak? =))
    Namanya bagus ya, Ziandra & Zianka....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi....aku lupa...kayaknya waktu itu di resi ada tulisan Sub juga kok, trus sama ongkirnya, langsung ketebak ini dari Sby :D

      Delete
    2. dan ketika mba' Fanda bilang dari ongkir awal penelusurannya, aku yg awalnya merasa beruntung karena g keluar ongkos banyak dr ongkir jd merasa errrrrrr... ya tetep beruntung sih #mbulet

      Delete
  6. Hahaha.....Inge emang baik kasi riddle ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baik lho ngasih riddle-nya... ^^

      Delete
    2. Aku kan emang baik mba' Dewi #senyamsenyummintadigaplok

      Aku... aku tau siapa Xnya mba' Fandaaaa #ditimparakbuku

      Delete
  7. Aku nyari nama Santaku juga dari hasil ubek-ubek data BBI huahahaha. xD *toss*

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ublek-ublek data BBI kok gak nemu yaaa #mewekdipojokan

      Delete
  8. Itu zianka ziandra sapa ya mba fan? ini pertanyaan serius krna aku gk tau..hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu nama krucil-krucil mbak Inge mbak Essy :D yg sulung ikutan kopdar BBI-ers Sby pertama kali soalnya xixi

      Delete
    2. Dua nama anakku mba' Essy... :D dan Zianka belum pernah ketemu ya mba' Maria.. jadi kapan nih kita kopdar, aku bawa anggota tambahan :D

      Delete
  9. Tebakanmu sama dgn aku, terutama waktu lihat syal-nya, rasanya sih benar dari mbak Inge.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang apa hubungannya syal sama Inge ya? *beneran gak ngerti*

      Delete
    2. naaaah aku juga g ngerti mba' Maria nebak dari syalnya... ayo jelaskan mba'.... jelaskan... #nodongppakemainanZiandra

      Delete
  10. Aku juga ga bisa memecahkan misteri kenapa namanya jadi non inge, huehehe. Semoga tebakannya bener ya mba Fanda ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarkan itu tetap menjadi misteri Ky #tsah!

      Tebakannya beneeeer Ky...

      Delete
  11. Tadinya aku kirain mbak Nike yg jadi santa-nya mbak Fanda. Hanya lihat syal rajutan itu soalnya. Ternyata santanya mbak Inge...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... kalo mba' Desty jadi X ku berarti salah tebak nih :p

      Delete
  12. Wew, ternyata santanya Mba Inge rupanya... Beneran terselubung banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. apanya mba' yang terselubung?? terselubung dibalik syal?? #eaaa

      Delete
  13. Event SS bener-bener bikin kita lebih saling kenal yaa.. Klo gak ada riddle ini kan gak akan ngeh nama asli mbak Inge :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi... dan aku baru sadar kalo nama yg ada di daftar nomer anggota BBI itu nama panjangku, aku kira cuman ditulis Inge... dan taunya dari tebakan mba' Fanda ini hahahahaha

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  14. Replies
    1. bener mba' TOP, gak nyangka kalo yg jd langkah pertama nebak adalah ongkir >,<

      Delete
  15. Wuih, kereen. Berarti besok selain menampakkan dirinya, Putri Anastasia harus menjelaskan kenapa panggilannya jadi Inge :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba'... ini sudah emak-emak Anastasianya :)) kenapa jadi inge? huhu aku sendiri bingung loh mba'... :p

      Delete
  16. Replies
    1. gara-gara putri rusia nih mba'... >,<

      Delete
  17. ketebak dari ongkos kirim dan Putri Rusia nih ceritanya.. selamaat ya mbaak X)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak nyangka klo mba' Fanda nebak pertamanya dari ongkir >,<

      Delete
  18. Suer, aku juga baru tahu kalo nama lengkapnya Inge itu ada embel2nya puteri rusia-nya xD
    *kenalan lagi sama Inge :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mba'... :D aku tau namaku ada embel2 putri rusia dari film kartun disney mba'... :p

      Delete
  19. Saya mengaku, saya Yoeliana Angelina Anastasia (Inge) adalah santa dari mba' Fanda. :p

    Peluk cium dari duo Zian mba'... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. *peluk cium Inge yg sukses nyepam di komenku, wkwkwkwk*

      Delete
  20. Nama aslinya inge bagus ya :O
    Selamat buat mbak Fanda yg berhasil nebak siapa santanya :)

    ReplyDelete
  21. Waaahhh... Lain kali nitip ke teman luar kota kali ya biar ngga terlalu gampang ditebak... Hebat mbak Fanda pencarian riddlenya...

    ReplyDelete
  22. baru tau nama panjangnya Inge, hahahaha

    ReplyDelete