Wednesday, October 28, 2009

The Runaway Jury

Novel-novelnya John Grisham memang selalu asyik untuk dibaca ulang. Kali ini aku mengulas The Runaway Jury (Juri Pilihan). Buku ini seperti karya Grisham lainnya, tetap bercerita tentang seluk beluk hukum, namun kali ini difokuskan pada pengalaman para juri yang bertugas pada sebuah kasus.

Kasus itu adalah gugatan seorang janda dari pria yang meninggal karena kanker paru-paru, Celeste Wood. Ia menggugat sebuah perusahaan rokok raksasa yang dianggap menyebabkan kematian sang pria. Salah menarik dari peradilan Amerika adalah adanya para juri yang mempunyai wewenang untuk menjatuhkan dakwaan maupun besarnya denda atau hukuman pada si terdakwa.

Dan seperti biasa, sebuah korporasi besar selalu mampu menggunakan sumber dayanya yang juga besar untuk mengatur jalannya persidangan. Begitu pula perusahaan yang jadi terdakwa kali ini, mereka menyewa jasa seorang Rankin Fitch yang bisa mempengaruhi sebuah proses peradilan sesuai permintaan penyewa. Fitch pula yang mengumpulkan dan memilah-milah para calon dewan juri agar hasil persidangan bisa disetir.

Adalah seorang Nicholas Easter, pria muda yang bekerja di toko komputer. Beberapa kali ia didekati oleh wanita muda yang pura-pura mau membeli komputer, namun Nicolas tahu wanita itu mengujinya sebagai calon juri. Fitch dan antek-anteknya memeriksa Nicolas dan tak menemukan sesuatu yang aneh, sehingga loloslah Nicolas menjadi calon juri.

Dari sejak awal Nicolas sudah menarik perhatian. Pada pagi hari sebelum perdiangan pertama dimulai, seseorang memberikan bocoran kepada Fitch pakaian apa yang akan dipakai Nicolas hari itu dengan amat detail. Dan ketika para juri berbaris keluar, detail pakaian Nicolas cocok dengan kisikan yang diterima Fitch. Ada apa ini?

Di dalam dewan juri pun Nicolas tampaknya selalu membuat kejutan. Dengan gampang ia memperoleh kepercayaan dari para juri lainnya karena ia memperjuangkan hak-hak mereka. Dan karena pengetahuannya tentang hukum lumayan banyak, tak sulit untuk sedikit demi sedikit mempengaruhi mereka semua. Padahal, sebenarnya para juri dilarang untuk mendiskusikan kasus di luar pengadilan. Tapi, siapa sih yang bisa menghindarinya? Apalagi para juri itu adalah sekumpulan orang asing yang dipertemukan oleh hanya satu kesamaan: kasus itu sendiri!

Makin lama sidang itu berjalan, makin nampak bahwa proses persidangan kasus yang bernilai jutaan dollar itu jauh dari keadilan. Terlalu banyak pihak-pihak di luar pengadilan yang mempunyai pengaruh atas jalannya persidangan. Bahkan seorang wanita yang meng-klaim sebagai rekan kerja Nicolas mulai menekan Fitch. Ia menyodorkan sebuah penawaran yang sangat menarik. Kelihatannya Nicolas memang memiliki power yang besar atas keputusan yang akan diambil dewan juri. Ingat, keputusan juri kan harus satu? Tidak bulat tidak apa, tapi harus melebihi 50%. Bagaimana Nicolas bisa memanipulasinya? Dan apa yang ia kejar sesungguhnya? Baca aja langsung deh...

Pokoknya, novel John Grisham yang satu ini sangat menarik bagiku! Yang pertama adalah karena Grisham membidik salah satu komponen terpenting dari proses peradilan, yaitu juri. Di buku ini kita jadi tahu seluk beluk tugas seorang juri. Bagaimana tekanan, baik dari luar maupun di dalam pengadilan itu sendiri bisa mempengaruhi pengambilan keputusan seseorang. Dan bagaimana beratnya saat kita harus memutuskan bersalah atau tidaknya seseorang, yang pasti akan mengubah jalan hidup seseorang (atau bahkan dunia jika kasusnya besar).

Kedua, aku menyadari begitu gampangnya mempersuasi orang untuk mengambil keputusan yang kita inginkan. Seringkali kita berpikir bahwa kita mengambil keputusan sendiri untuk hidup kita, padahal nasihat keluarga, komentar teman, atau tulisan seseorang yang kit abaca, banyak mempengaruhi pandangan kita, yang akhirnya menghantar kita pada suatu keputusan.

Menarik dan tegang, itu dua kata yang pas untuk menggambarkan novel ini. Anda pengen baca?

P.S.
Kalo anda berminat, buku milikku ini (bekas) aku jual di Vixxio Buku Bekas Online.




28 comments:

  1. memang sangat menarik membaca novel karya John Grisham, Sebagai seorang pengacara, karya2nya banyak berceritera tentang hukum.

    Saya baru ingat pernah baca bukunya setelah ulasan mantap mbak Fanda disini.

    ReplyDelete
  2. Mmapir selagi bisa. Review mantap, seperti biasanya. Saya juga penyuka John Grisham mbak Fanda.

    ReplyDelete
  3. mba....baru mampir lagi ini..
    stor muka dulu
    baru baca posting..
    hheee

    ReplyDelete
  4. kyknya pernah baca...setelah ingat dgn nama tokoh yg kamu tulis, Finch dan Nicholas...*tp kok malah lupa jalan cerita secara detilnya yah..*

    mau baca lagi deh, buat nge-refresh otak :D

    sip reviewnya, Fan..

    ReplyDelete
  5. salah satu penulis favoritku, & kebetulan aku dah baca novel yang ini hehehe

    ReplyDelete
  6. Wah ...
    Sekali lagi reviewnya mantap.
    Sepertinya novel ini masih tergeletak manis di lemari bukuku.
    Dah beli tapi belum sempat baca.

    ReplyDelete
  7. Aq suka banget sama buku2 John Grisham, koleksi nya lengkap heheee..

    ReplyDelete
  8. wah novel laris lagi nih yang direview, selamat mbak fanda makin mantap reviewnya

    ReplyDelete
  9. s7 s7,,, kalo mo tau kelanjutannya cepetan beli ^^

    ReplyDelete
  10. ah...another John Grisham's book. kapan dibikin filmnya ya???
    aku nonton filmnya aja. hheheheheeee

    ReplyDelete
  11. saya gak pernah khatam kalo baca novel John Grisham.. gak tau kenapa :)

    ReplyDelete
  12. belum pernah baca neehh... kayaknya menarik yah mbak..

    ReplyDelete
  13. aku belum pernah satu pun baca buku karya John GRisham, tapi nanti pas ada acara diskon buku, mungkin enak juga kalu beli ^^

    ReplyDelete
  14. review mantap, Fan ... sayang saya belum pernah baca satupun karya John Grisham. Tapi baca tulisanmu jadi pengen nyari bukunya nih.

    ReplyDelete
  15. cari dulu ah di toko ..... keknya nih buku bagus bangett

    ReplyDelete
  16. Percaya deh ama Fanda, dari review-nya aja dah ketahuan kalau ini barang bagus. Ayo, Fan, keluarin lagi yang bagus-bagus ... hehehe

    ReplyDelete
  17. Sepertinya menarik juga nih bukunya, mbak. ^_^

    ReplyDelete
  18. buku bagus neh ??? pastinya dong. kalau gak bagus gak bakalan di posting.

    ReplyDelete
  19. sebuah ulasan yang bagus dari buku yang memang bagus... thanks ya mbak atas supportnya... salam kasih...

    ReplyDelete
  20. Koq jalan ceritanya beda sama filmnya ya? Sudah pernah nonton filmnya?

    ReplyDelete
  21. Aku kebetulan sudah pernah baca bukunya. Tapi belum selesai sebab bacanya pinjam. Jadi tambah penasaran buat ngelanjutin. Makasih buat infonya ya

    ReplyDelete
  22. menarik mbak, seorang temen yg studi di hukum juga pernah cerita ttg hitam putih dunia pengadilan. apalagi trik2 memenangkan suatu kasus (di kampus yg menyandang status favorit) meskipun jelas org yg dibela bersalah ... ngeri juga ternyata hukum bs dijual beli dg mudahnya ...

    ReplyDelete
  23. aku belum pernah baca yg ini. sptnya seru juga ya.

    ReplyDelete