Saturday, February 20, 2010

Buku Yang Mempengaruhi Hidupku

Sebelum seluruh dunia terjangkit 'demam' Piala Dunia, dunia blogosphere udah duluan terjangkit demam, yaitu demam 'tag buku'. Sudah 2 kali aku dapat tag yang tugasnya berkaitan dengan buku. Kali ini aku dapat dari Hendriawanz another tag tentang buku. Hendri bilang, kita harus menyebutkan buku-buku yang "harus" dan sampai sekarang kudu dipegang juga. Masih bingung dengan maksudnya, aku pergi ke blog Berita untuk negri buat cari bocoran. Di sana aku menemukan bahwa kita diharuskan membagi / share buku-buku apa saja yang pernah dan sampai saat ini masih jadi referensi kita. Nah..udah rada jelas deh. Berarti kita kudu ngumpulin buku-buku yang selama ini mempengaruhi hidup kita dan jadi referensi kita hingga sekarang. OK...inilah buku-bukunya (Ssttt... perasaan bukunya sama aja dengan tag-tag sebelumnya deh!)...

#1
Agatha Christie - Beliau ini adalah pengarang favoritku semenjak SMP (pertama kali aku mengenal karyanya, kalo ga salah yang judulnya 'Setelah Pemakaman'). Meski genrenya adalah cerita detektif, tapi karya Agatha juga mengandung unsur psikologis. Dengan membaca karya-karyanya, aku, yang saat itu sedang tumbuh ke arah dewasa, belajar banyak tentang watak dan karakter manusia, dan bagaimana karakter itu mempengaruhi banyak hal dalam hidup. Aku belajar juga tentang kebaikan vs kejahatan. Apa-apa saja yang membuat manusia yang asalnya baik, dididik dengan baik, dan sehari-harinya memang baik pada semua orang, bisa melakukan sebuah kejahatan terhadap orang yang dicintainya.

Hampir semua buku Agatha Christie pernah aku baca terutama yang tokohnya Hercule Poirot, namun hanya beberapa yang masih terus aku simpan, diantaranya: Tirai, Pembunuhan Atas Roger Ackroyd, dan Sepuluh Anak Negro. Tirai karena ceritanya yang tak biasa (luar biasa menurutku) karena selain endingnya tak terduga, disitu aku belajar juga tentang moral. Pembunuhan Atas Roger Ackroyd menunjukkan dengan gamblang karakter dan cara pandang si penjahat, yang notabene adalah orang baik, namun karena watak yang lemah dan keserakahan akhirnya bisa terperosok ke dunia yang jahat (waktu baca ini baru aku sadar bahwa ada orang yang memang dari sononya berwatak lemah!). Sedang Sepuluh Anak Negro aku suka karena cara deduksinya yang hebat. Bayangkan, kisah pembunuhan tanpa detektif, dan semua tokohnya mati...dan yang jelas...novel paling serem yang pernah kubaca!

#2
Kisah Petualangan Tintin - Meski buku-buku yang lama sudah tak kusimpan (saking lamanya sampai warnanya kecoklatan dan bau apek), tapi banyak ilmu yang telah kuserap selama aku memiliki dan membacanya. Banyak wawasan yang ada di setiap komik Tintin (aku punya semuanya yang edisi asli Herge loh..). Yang jelas, meski tak pernah ke luar negeri, dari sejak SD aku tahu bahwa Tibet itu letaknya di puncak Himalaya, dan di sana ada makhluk yang disebut Yeti (pengen ketawa sendiri kalo ingat Kapten Haddock waktu ketemu Yeti..), aku juga tahu bahwa di gurun pasir sering ada fenomena yang namanya fatamorgana, dan pohon yang bisa tumbuh di sana hanyalah pohon kurma, juga bahwa di bulan tak ada gravitasi. Dan buaanyaak lagi deh pengetahuan umum yang kudapat dari sana. Rasanya komik Tintin adalah buku yang paling sering kubaca ulang.

#3
To Kill A Mockingbird - Aku sudah sering membaca tentang buku ini sejak lama, yang di Amerika menjadi buku wajib baca oleh para siswa sekolah. Tapi, karena aku tak pernah menemukannya edisi terjemahannya di Indonesia (malas ah kalo baca versi Inggrisnya), jadi lama-lama aku lupa. Akhirnya aku menemukan juga edisi terjemahannya, dan memang...kalau buku ini dibaca sejak kecil bisa menjadi landasan cara pandang kita mengenai perbedaan, mengenai bahwa manusia itu diciptakan sama olehNya, dan tak ada manusia lain yang lebih atau kurang baik daripada kita, baik itu dari ras, sosial ekonomi, dst. Buku ini bisa membantu seorang anak untuk bersikap dalam menghadapi perbedaan yang ada.

#4
Catatan Harian Anne Frank - Awalnya papaku sering bercerita tentang Anne Frank, yang adalah gadis yang periang dan penuh optimistis meski dalam keadaan serba sulit. Meski masih muda, harapannya tentang hidup yang lebih baik tak pernah goyah. Aku penasaran waktu itu, dan ingin sekali aku bisa mengenal dan bisa menjadi seperti dirinya: membawa keceriaan pada sekitarku, dan selalu optimis, tak pernah putus asa, dan penuh harapan. Akhirnya aku dapat juga buku edisi terjemahannya beberapa tahun lalu.

#5
Change (Rhenald Kasali) - Buku yang membuka pikiranku pada paradigma baru dalam menjalani hidup, yaitu perubahan. Tak bisa tidak, kita harus mau berubah kalau kita tak mau grafik kehidupan kita terus menurun dan akhirnya tenggelam. Dan setiap perubahan selalu meminta pengorbanan. Setiap kali berubah, pasti ada penurunan sedikit dalam grafik itu, namun grafik itu akan naik lebih tinggi dari grafik kita yang lama. Begitulah kira-kira inti konsep Change-nya Rhenald Kasali ini.

#6
The Long Tail - Buku mengenai bisnis yang memperlihatkan kondisi di mana kita hidup di jaman ini, yaitu di era digital dan informasi. Di jaman ini konsumen tidak lagi didikte oleh produsen, dan orang makin merasa perlu untuk memilih produk yang sesuai keinginannya. Orang lebih percaya pada pengalaman sesama mereka ketimbang pada produsen yang sering membohongi konsumen. Konsep inilah yang akhirnya menjadi dasar pijakanku untuk menseriusi bisnis online.

Rasanya itu buku-buku yang paling menginspirasi dan mempengaruhi hidupku. Kalo buku yang 'harus' sih banyak banget, hehehe... Dan sesuai peraturannya, aku harus meneruskan tag ini ke 10 orang berikutnya. Kali ini yang kebagian adalah...


Silakan dikerjakan kalau berkenan, kalo gak....ya...ga pa pa sih...

28 comments:

  1. Masih tentang buku ya mbak? Saya penggemar Tintin juga, bahkan sama. Bukunya juga sudah menguning. Terus semangat untuk membaca ya mbak..

    ReplyDelete
  2. hehehehe...sama aku juga dapet nih...

    ReplyDelete
  3. wao mbak fanda ampun deh udah 7 tag yang aku dapatkan bulan ini, makasih ya mbak (nyegir) dapat backlink tuh, pasti akan saya kerjakan hari ini karena besok akan berangkat melatih di tempat yang jauh

    ReplyDelete
  4. wah banyak juga mbak, dan keren2 hehehe... aku sejauh ini baru inget dua, tapi insyaALLAH bakalan dikerjain :D

    ReplyDelete
  5. Wah maaf mb sudah bikin bingung. maksud aku, kalimat itu untuk aku aja. jadi buku2 yang pernah dan masih menjadi referensi itu, adalah buku2 yang harus kupunya, karena dengan itulah aku bertugas.yah, buku pegangan bertugas sehari-hari, gitu. aku harus pnya walaupun gak pengin. aku berharap suatu saat aku juga bisa beli buku yang memang kuinginkan.

    Untung mb menelusur ke link sebelumnya. salut mb atas kepiawaiannya.

    Hehe..maksih mb, ternyata mb fanda bikin artikel ini. dan aku paling..paling suka yang Tintin. Aku bisa ketwa ngakak kalau liat Kapten, padahal sudah kubaca ulang-ulang. Yang Yeti itu bikin terharu.
    Untuk terbitan yang sekarang, yang bukunya kecil, aku nggak gitu nyaman bacanya. Beda banget dengan gaya penuturan di komik yang bukunya besar.

    ReplyDelete
  6. @Munir: aku tunggu deh hasilnya... Makanya semua pada senang nge-tag mas Munir, soalnya pasti dikerjain deh...

    @Hendri: iya, kenapa yah komiknya yg besar itu lebih asyik? Dulu biasa aku taruh di lantai, trs aku baca sambil telungkup di lantai. Kalo ngakak, bisa bener2 guling2 deh... Kenapa ya ga ada lagi buku yg bisa bikin kita ngakak sekaligus tegang sekaligus terharu??

    ReplyDelete
  7. Maaf telat mampir neh. Buku-buku yang mantap mbak Fanda. Saya kebagian tag ini juga ya, wah terimakasih. Saya boyong dulu. Met malming buat semua.

    ReplyDelete
  8. oke fan... mau dong aku ngerjain.. tapi nggak segera diposting ya.. nyari dulu dari deretan buku dirak buku.. ntar kalo udah aku kasih kabar deh

    ReplyDelete
  9. kalo tentang buku, pastinya Fanda gak susah ngerjainnya donk...
    atau malah bingung ya, saking banyaknya buku yang udah dibaca jadi klo diminta milih jadi bingung...hehehehehhe....

    ReplyDelete
  10. Kalau saya mungkin blum sanggup buat ini.. Lagi ada kesibukan Offline..

    Sukses slalu mbak Fanda

    ReplyDelete
  11. Wah,selamat ya sis....Btw,kayaknya saya pernah baca yang petualangan Tintin itu,waktu di Indonesia.udah agak lupa-lupa ingat.

    ReplyDelete
  12. wah... makasih mbak untuk tagnya... nggak tau nih mau dikerjakan kapan.. soalnya tag ini juga aku terima dari 2 sahabat lain tapi belum juga dikerjakan...

    ReplyDelete
  13. aku suka dengan kisah petualangan tintin...masih ku simpan bukunya

    ReplyDelete
  14. ehmmm.... begitu luas pandangan mbak fanda ttg buku, kira2 kepikiran nggak dalm benak m.fanda untuk jadi org2 seperti diatas itu... kl iya aq dukung deh hehehe

    ReplyDelete
  15. kalau aku kayaknya princess diariesnya meg cabot deh mbak

    ReplyDelete
  16. Mbak Fanda dapat tag berapa kali pun pasti jawabannya lain,...
    kalau aku... yah pasti yang itu2 juga.
    makasih banyak sudah meneruskan tag ini ke aku yah mbak.

    Semangat dan sukses selalu.

    ReplyDelete
  17. selamaat..aku gak kena. hehehe...btw, Tintin masih ada, fan? wah, aku sih udah gak tau kemana tuh komik Tintin.

    ReplyDelete
  18. Wah dapat tag buku lagi nih, maaf Fan baru kesini, saya baru pulang dari Bandung sejak kemarin pagi. Jadi baru sempet buka blog lagi. Insya Allah nanti saya kerjakan.

    ReplyDelete
  19. Kapan ya.. dapet tag buku ini.. :))

    ReplyDelete
  20. To Kill a mocking bird, emang lain dari yang lain mbak. Saya baru ngeh, kenapa ia menjadi bacaan wajib untuk sastra Inggris di negeri inggris. Jadi yah mbak, kita KBO buku itu? Insya Allah, malam ini saya update :)

    ReplyDelete
  21. mbak biar pun gak di tag, saya tulis aja deh buku yang banyak memberi inspirate buat saya.

    laskar pelangi(andrea hirata)
    membina hati bahagia (HM. Tuah)
    membina manajemen Qolbu (Aa Gym)
    Doraemon (Fujiko Fujio)
    ah banyak lagi deh
    heheheh

    KBO beneran di bentuk lagi ya mbak... Kapan...???

    ReplyDelete
  22. maaf mbak belum sempat ngerjain tagnya

    ReplyDelete
  23. Mbak.., aku malah belum sempat mengerjakan tag ini. Jadi malu, karena aku paling telat dalam mengerjakan PR dari teman-2.

    BTW, aku sekarang pindah alamat mbak ke http://renijudhanto.blogspot.com

    ReplyDelete
  24. another great book blog!
    senangnya mendapat teman baru dalam sharing buku.
    silakan kunjungi blog saya, dan mungkin bersedia exchange links?
    terima kasih.. :)

    ReplyDelete
  25. saya taruh linknya bi blog saya ya? terima kasih.. apabila keberatan, silakan beritahu. :)

    ReplyDelete
  26. Bagaimana mendapatkan TAG dari orang lain Mbak?

    ReplyDelete