Tuesday, September 10, 2013

Bookish Top Ten: 10 Buku Favorit Teman Sesama Blogger

Ada sebuah meme baru yang di-host oleh Yuska (Lust and Coffee), mengadopsi meme luar yang bertajuk Top Ten Tuesday. Bedanya, meme ini—Bookish Top Ten —diposting setiap tanggal 10 tiap bulannya. Untuk September ini, aku sendiri sudah ‘ditodong’ oleh Yuska untuk ditampilkan di Bookish Top Ten-nya, jadi sekarang giliran aku ‘menodong’ salah seorang teman blogger. Siapa dia?.....

Listra



Aku kenal Listra gara-gara event Let’s Read Plays yang aku adakan di blog Fanda Classiclit. Yang bikin aku geleng-geleng adalah bagaimana Listra sangat menggandrungi karya-karya opa Shakespeare yang, bagi kebanyakan kita, masih sulit ‘dicerna’. Jadi pengen tahu kan, kayak apa sih Listra itu sebenarnya? Ini yang dia katakan tentang dirinya sendiri….

  • I'm a clasic lover. Everything classic.
  • Saking sukanya sama buku klasik sampai agak berprinsip 'The older, the merrier.' Entah siapa penulis Latin yang pernah bilang soal 'old friends, old books, old wine.' Itu saya banget.
  • Sejak SD suka pelajaran sejarah dan waktu SMP sampai SMA terobsesi dengan Victorian Era. Sekarang sih, apa aja diembat.
  • My favourite genre of music is opera. Dan 'opera' tidak memaksudkan Josh Groban atau Il Divo (which I love also), tapi opera yang 3 jam sekali main, lengkap dengan kostum super di atas panggung. Tapi selain itu, saya juga dengerin seabrek jenis musik lain.
  • Pingin nulis novel, tapi bosenannya itu loh... ada entah berapa banyak ide cerita nangkring di laptop tapi nggak satupun sudah selesai.
  • I believe in the power of words. Makanya suka banget sama puisi. Kalau lagi desperate tuh yang dicari bukan lagu tapi puisi. Nulis cukup banyak puisi juga, tapi...
  • Segitu aja cukup kali ya. :D


Kayaknya sih belum cukup deh, Lis, hehehe… Tapi kalo anda penasaran dengan sosok Listra, silakan mengunjungi blog-blognya. Konon kita bisa mengenal seseorang dengan lebih baik lewat tulisan-tulisannya ;) Selain Half-Filled Attic, Listra juga memiliki blog khusus Shakespeare: To One, Of One, Still Such and Ever So.



Sekarang, mari kita intip Top Ten Favorite Books-nya Listra (tidak dalam urutan apapun):

Les Miserables by Victor Hugo
The Count of Monte Cristo by Alexandre Dumas
Hamlet by William Shakespeare
Much Ado About Nothing by William Shakespeare
Lord of the Ring trilogy by J.R.R. Tolkien
The Godfather by Mario Puzo
Sherlock Holmes (all) by Sir Arthur Conan Doyle
Three Musketeers dan Twenty Years After by Alexandre Dumas
Robinson Crusoe by Daniel Defoe
Captain Blood by Rafael Sabatini

Kalau melihat list ini sih, udah jelas Listra itu ‘classic’ banget, dan ‘Shakespeare’ abis (ada dua buku si opa di top ten-nya). Selain itu, Listra ini juga fans beratnya Alexandre Dumas, sampai-sampai dia mencurangi daftar Top Ten Fave Books-nya dengan memasukkan dua buku Dumas di no. 8. Memang dua buku itu masuk di satu sequel, tapi kan tetep aja dua buku, Lis!!  >__<

Itulah Top Ten Bookish-ku yang pertama, thanks Listra yang udah mau jadi ‘korban’ku :P…. Adakah buku yang jadi favorit anda yang sama dengan top ten-nya Listra?


4 comments:

  1. Lucu, the older, the merrier. Aku juga suka sejarah.
    Thank you udah ikutan Bookish Top Ten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg dimaksud Listra the older, the merrier kayaknya lebih ke penulisannya deh, bukan story-nya :)

      Delete
  2. Pakar Shakespeare-nya BBI ini. Seandainya satu kota, kayanya aku bakal sering berguru padanya :D

    ReplyDelete