Saturday, June 13, 2009

Kota Kenangan – Mary Higgins Clark

Kepribadian ganda adalah sebuah kasus trauma psikologis yang menarik untuk dijadikan latar belakang sebuah kisah misteri. Sidney Sheldon pernah memakainya untuk bukunya Tell Me Your Dreams, dan sekarang aku akan mengulas buku karya Mary Higgins Clark yang menggunakan bumbu yang sama. Dari segi alur cerita, jelas Sidney Sheldon masih belum terkalahkan, tapi dari ide cerita, cukup menarik juga. Ayo kita baca...

Kalau Sheldon cenderung banyak memakai flashback, Mary bercerita dengan sistematis. Ia membuka kisah dengan bagaimana si kecil Laurie Kenyon yang kenakalannya, dengan keluar rumah tanpa pengawalan pada waktu berusia 4 tahun, akan mengubah seluruh hidupnya. Ia menjadi korban penculikan sepasang suami istri hippies yang suka berkotbah keliling kota demi mendapatkan uang. Laurie bukan korban pertama mereka, tapi Bic (panggilan si suami), yang memiliki penyimpangan seks dan suka pada anak kecil, suka sekali (atau dalam kamusnya: jatuh cinta) pada si Laurie kecil. Celakanya Opal (panggilan istrinya) malah membantu suaminya dalam aksi penculikan ini.

Laurie (Bic dan Opal memanggilnya Lee) kecil yang tak dapat mengatasi stress dan ketakutannya setiap kali diperkosa Bic, jadi seakan-akan menutup pikiran dan perasaannya sendiri, lalu memunculkan pribadi lain dalam dirinya yang lebih kuat. Tampaknya inilah mekanisme manusia yang mengalami trauma yang luar biasa tak tertahankan, untuk tetap bertahan hidup dan tidak menjadi gila.

Ingatan akan Bic yang suka berlatih kotbah dan menyanyikan lagu-lagu pujian begitu terpatri kuat dalam ingatan Laurie, terutama lagu Amazing Grace. Bukan karena lagu itu indah, tapi karena sambil menyanyikan lagu itu, lengan Bic yang berbulu lebat suka menggendongnya, sebelum menyakitinya. Semuanya berlangsung selama 2 tahun, hingga suatu hari Bic hendak melanjutkan misi ke kota lain. Bersama Opal dan Laurie, ia mampir ke sebuah restoran. Kalau saja pada saat itu Laurie tidak menangis sekeras-kerasnya sehingga mengherankan si kasir restoran, ia mungkin takkan pernah bebas dari Bic dan Opal. Dan karena heran, si kasir melaporkan pada polisi bahwa anak yang menangis itu identik dengan iklan kehilangan yang disebarkan oleh keluarga Kenyon dari waktu ke waktu. Sayangnya si kasir tak dapat mengidentifikasi wajah laki-laki dan wanita yang bersama anak itu, selain bahwa wanita itu punya panggilan unik buat suaminya (yang ia lupakan juga!).

Laurie-pun akhirnya pulang...Namun apa yang telah terjadi selama 2 tahun itu tak pernah terungkap. Laurie hanya sering mendapat mimpi buruk tentang pisau. Itu tak lain adalah karena sebelum melepaskan Laurie, Bic mengancam akan menyembelih Laurie bila ia mengungkapkan keberadaan Bic dan Opal kepada orang lain.

Semuanya nampak baik-baik saja sampai Laurie duduk di bangku kuliah, dan ayah serta ibunya meninggal dunia karena kecelakaan. Satu lagi trauma yang dialami Laurie, dan itu langsung memunculkan lebih banyak lagi kepribadian ganda yang lain. Di kampusnya, seorang dosen, Prof. Allan Grant yang muda dan cakep tapi sudah beristri, sering mendapatkan surat-surat bernada rayuan cinta dari seseorang yang tak menyebutkan nama. Ia curiga bahwa itu dari salah satu mahasiswinya, tapi yang mana? Sampai akhirnya ia mengambil kesimpulan bahwa Laurie-lah yang melakukannya.

Celakanya, Prof. Grant langsung melaporkannya pada Dekan, yang kemudian memanggil dan menegur Laurie. Laurie (atau dalam hal ini salah satu kepribadiannya yang liar dan sexy, dan mencintai Grant) merasa dikhianati dan marah. Kehebohan muncul ketika Allan Grant ditemukan tewas di rumahnya karena tikaman seseorang... Tentu saja Laurie menjadi tertuduhnya, apalagi pisau yang digunakan sebagai senjata memang pisau dapur rumah Laurie dan Sarah, kakaknya.

Maka Sarah yang pengacara, bekerja sama dengan seorang psikiater andal dan pensiunan polisi berupaya menguak tabir di balik misteri ini. Betulkah Laurie pembunuh Allan Grant? Bagaimana dengan istri Grant yang lebih sering tinggal di luar kota ketimbang menemani suaminya di rumah? Kalau Laurie pembunuhnya, apa itu ada hubungannya dengan kepribadian gandanya? Dan apa yang sebenarnya terjadi saat dua tahun penculikannya? Siapa yang menculiknya?

Mengapa pula Laurie mendadak histeris saat seseorang menyanyikan lagu Amazing Grace di gereja saat pemakaman ayah-ibunya? Atau saat melihat bangkai ayam yang disembelih kepalanya? Dan bagaimana pisau dapur itu bisa ada di tangan Laurie padahal Laurie tidak ingat mengambilnya? Di saat yang sama ada pasangan pendeta terkenal yang begitu ngotot membeli rumah Sarah dan Laurie yang hendak dijual, sampai-sampai menawar harganya pun tidak. Apakah ada benang merah di antara semua kejadian itu?

Seperti layaknya semua kisah misteri, Mary Higgins mampu meramu semua bumbu ketegangan itu, meski tidak se-hebat dan sedramatis Sidney Sheldon, namun tetap mengalir, menghibur dan mengunci perhatian anda hingga lembar terakhir. Hal menarik yang diungkap oleh Mary, bahwa kasus kepribadian ganda biasanya menimpa anak kecil yang mengalami pelecehan seks, dan pasien cenderung menyalahkan dirinya sendiri atas musibah yang menimpa itu. Dan seperti halnya ending Tell Me your Dreams (kalau anda sudah baca), ditunjukkan bahwa kondisi kepribadian ganda itu akan dapat sembuh apabila pasien sudah dapat menyadari bahwa itu bukan kesalahannya, sehingga menjadi kuat kembali. Karena si pribadi induk sudah merasa kuat, maka pribadi-pribadi buatan lainnya yang tugasnya melindungi, akan muncul satu persatu dan akhirnya menyingkir karena tak dibutuhkan lagi oleh si induk. Maka penting bagi orang berkepribadian ganda untuk menemui psikiater yang dapat berkomunikasi dengan masing-masing kepribadian (alter), mengurai masing-masing problem yang dibawa, dan menemukan akar permasalahannya.

Bagaimana? Cukup menarik kan? Wajar kalo setelah membaca posting ini, anda jadi ingin membeli bukunya. Tapi kayaknya sudah sulit mencarinya karena cetakan terakhir adalah tahun 2003. Aku sempat mencari di toko buku online, dan menemukannya seharga 29 ribu sekian (setelah diskon) di inibuku.com. Maka, selamat berburu!!


25 comments:

  1. jadi pengen beli bukunya. bacaanmu kelas berat juga ya, Fan. aku pernah baca soal kepribadian ganda tapi bukan karangan Mary. lupa pengarangnya siapa. maklum itu buku pinjaman. kalo gak salah judulnya Sybill apa gitu. udah lama bgt sih.

    ReplyDelete
  2. ngambil peringkat 1 dulu aja,
    hehe....

    ReplyDelete
  3. sekarang baru ngasih comment :
    trus ahirnya gimana mbak?? apa bener laurie yang membunuh si dosen (Prof. Allan Grant) ? wah kelihatannya emang Laurie yang membunuh dosen tersebut, karena da bukti berupa pisau dapur milik Laurie. wah susah ya kalau punya kepribadian ganda seperti itu??

    ReplyDelete
  4. aku juga punya cerita yang mirip kayak gitu mbak..
    aku punya temen yang ngalamin trauma dimasa kecilnya. bapak sama ibunya cerai saat dia masih umur 5 tahun. dia ahirnya tinggal sama budenya.saat dia masih kecil, dia selalu di kekang sama budenya itu, nggak boleh ini, nggak boleh itu. singkat cerita ahirnya dia tumbuh jadi seorang pria yang pendiam dan minder sama orang.pada suatu ketika dia sudah jenuh dengan semua itu, dia ahirnya berontak sama keluarga budenya itu. dia berubah jadi orang yang pemarah. malah dia sempat ngancam mau membunuh keluarganya itu. ngeri mbak, sampai urusan sama polisi. sejak kejadian itu, walaupun tidak kena hukuman, tapi semua orang mikir kalau dia itu gila. padahal sebenarnya dia tidak gila mbak. sekarang dia sudah bia bergaul lagi sama teman-temannya, tapi pas ada masalah,terkadang kepribadian gandanya itu muncul lagi mbak. aku prihatin sama dia mbak, padahal sebenarnya dia anake lumayan cerdas.

    ReplyDelete
  5. Waw... jadi pengen buru-2 baca buku ini, mbak. Kayaknya menarik banget tuh. Makasih reviewnya mbak... keren deh (spt biasanya hehehe..)

    ReplyDelete
  6. beruntunglah saya bisa membaca ulasan buku yang menarik ini. Ulasannya mantap mbak. Meski belum sempat cari buku "Kota Kennagan" Marry Huggins Clark ini, saya cukup puas baca ulasan mbak fanda. Nice posting.

    ReplyDelete
  7. To some extent, fiksi adalah refleksi dari dunia nyata. Penting banget bagi orang-orang yang ada di sekitar anak-anak untuk tidak merusak perkembangan jiwa mereka. Tx buat ulasannya yah.

    ReplyDelete
  8. wah...
    bukunya kayaknya berat nih.

    novelnya bagus ditambah pula dengan muatannya yang berkelas...

    belum pernah baca neng... :)

    ReplyDelete
  9. Hehe, keren reviewnya. Tapi dari review ini, aku jadi lebih penasaran ma buku tell your dream_sidney sheldon (aq punya, tp seperti biasa, blum dibaca :P)

    Btw sekarang masih baca putri sirkus_jostein gaarder. Suka buku JG gk mbk?

    ReplyDelete
  10. wew,, keren tuh ceritanya.. jadi pengen baca deh,, kira2 ada ebooknya ga yah,, hehehe...

    ReplyDelete
  11. Jadi kepingin baca bukunya deh,..... tapi apa masih ada yah? saya browsing kayaknya resensinya lebih lengkap yang mbak fanda tulis.

    ReplyDelete
  12. Review yang lengkap mbak.....penasaran...

    ReplyDelete
  13. embak emang pembaca buku
    nati beli buku ah

    ReplyDelete
  14. yang ini kayaknya seru banget mbak, ada pembunuhan segala, apalagi ada cerita tentang seseorang yang berkepribadian ganda.

    ReplyDelete
  15. coba di cek ya masih dapet gak. ealah bukuku wis 2 bulan gak selesai12 nih mbak fanda dibaca. capean sih.

    ReplyDelete
  16. wahhhh,seru nih mba, bukunya sejenis sama film Mistik River kayknya

    sepertinya keren nih, tapi saya gak terlalu bisa membaca buku sampai tuntas hehehehe

    ReplyDelete
  17. di gramed ada ndak yah mbak???
    kan katanya gramed lengkap wlpn tu buku da lama

    ReplyDelete
  18. yup cerita yang menarik mbak
    tertarik ma pribadi ganda
    hmm kalo kenyataannya blom ketemu sih ma yg punya pribadi ganda
    thanks infonya mbak

    ReplyDelete
  19. kapan-kapan review film ya, mba

    ReplyDelete
  20. waduhh.. kirain apaan... hehe..
    baca komik aja gak pnah betah ampe slse.. wkaka
    btw salam knal ajh ya...

    ReplyDelete
  21. Mbak, maaf telat dateng. Fiuh... terpana saya baca postingan mba. Memukau... cuit... cuit... :)

    Mbak suka baca novel inggris yah? sayang banget, saya kurang englisnya. Kadang buka2 juga tuh karyanya Sidney tapi, baru awal2 dah keok.

    ReplyDelete
  22. halo mbak Fanda... aku masih sibuk banget neh. baru balik tugas keluar kota.
    Buku ini menarik mbak, aku udah beli 2 hari lalu, tp blom sempat baca hihihihi.. keburu ada ulasannya deh.. gpp jadi makin penasaran bacanya.

    ReplyDelete
  23. @Jimox: wah cerita temenmu bisa dijadiin novel jg tuh!

    @Penikmat Buku: Tell Me Your Dream itu 'must read'. Tegang banget! Salah satu novel Sidney yg aku plg suka.

    @Seti@wan & Dunia Polar: Dicek aja di Gramed, mungkin msh ada, tp klo ga ada bs pesen di toko buku online.

    @Advintro: Pengennya sih review film, tp wkt nontonnya yg ga sempat!

    @Anazkia: Itu bhs Indonesia kok.

    ReplyDelete
  24. Suka sama semua bukunya Mary Higgins.. jadi pengen baca ulang :-)

    ReplyDelete