Thursday, May 28, 2009

Sidney Sheldon: The Other Side Of Me

Roller Coaster. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan kehidupan seorang Sydney Sheldon. Kalau anda berpikir bahwa Sidney Sheldon hanya seorang penulis yang terkenal, anda salah besar! Kehidupan pribadinya justru lebih seru dari semua kisah hasil rekaannya. Buku ini memang memoar dari sang maestro, yang menggambarkan bakat menulis yang hebat serta sikap pantang menyerah yang dimiliki oleh semua orang sukses. Mari kita baca...

Tak ada garis datar pada grafik yang menggambarkan fase-fase dalam hidup Sidney. Kegagalan dan keberhasilan, keterpurukan dan kegemilangan, semuanya pernah ia rasakan. Dan justru semuanya berawal dari rencana bunuh diri! Ya...saat berusia 17 tahun (tahun 1920-an) Sidney berencana untuk bunuh diri karena kemiskinan keluarganya yang parah. Memiliki ayah salesman yang pemimpi tapi terus-terusan gagal membuat keluarga Sydney (bersama ibu dan adiknya) berpindah-pindah tempat dari apartemen suram satu ke lainnya. Sydney merasa terbelit dalam kemiskinan dan ia tak melihat jalan keluar.

Rencana bunuh diri itu digagalkan ayahnya bukan dengan paksa, namun dengan sebaris kalimat: ‘Bagaimana dengan hari esok? Kau tak tahu apa yang bisa terjadi besok. Hidup seperti novel kan? Penuh ketegangan. Kau tidak tahu apa yang akan terjadi hingga kau buka halamannya’. Sebaris kalimat itu selalu terngiang di telinga Sydney tiap kali ia mengalami kegagalan. Eh...kegagalan? Bukankah ia penulis hebat? Kita mungkin mengenal Sydney Sheldon sebagai pengarang novel-novel best seller seperti: The Other Side Of Midnight, Windmills of The Gods, A Stranger In The Mirror, dll. Namun sebenarnya perjalanan karirnya di Hollywood dan panggung Broadway-lah yang merupakan tempat Sydney mengasah bakatnya, dan mendapat porsi paling besar di memoar ini.

Sydney Schechtel (nama aslinya) mulai terlihat bakatnya ketika berumur 12 tahun, ketika ia menulis cerita detektif dan menampilkannya dalam drama di sekolah yang ia sutradarai dan perankan juga. Drama itu gagal total, dengan cara memalukan pula.

Lalu saat masuk kuliah di universitas yang memberinya beasiswa, Sydney menyambi kerja pada malam hari di bagian penitipan mantel di sebuah hotel di Chicago. Setiap Sabtu ia juga bekerja di apotek sebagai pengantar obat. Saat registrasi di Universitas, ia mengambil mata kuliah dengan jumlah maksimum yang ditawarkan. Belum cukup, ia masih minta tambahan kuliah bahasa Latin.

Kantin universitas itu kebetulan membutuhkan cleaning service, itu berarti satu lagi pekerjaan yang bisa menghasilkan uang bagi Sydney. Dan seakan masih ‘lapar’ akan pelajaran dan pengalaman, Sydney menemui Editor koran kampus, dan minta pekerjaan. Ia ditolak, namun alih-alih kecewa dan pergi, ia malah menantang untuk mengisi (atau lebih tepatnya membuat) kolom ‘dunia hiburan’ yang tidak umum ada di koran kampus. Ia berkoar-koar bisa mewawancarai selebriti terkenal pada masa itu. Apa ia memang kenal dengan mereka? Tidak juga. Namun sang editor tidak tahu itu, dan karena terpesona, ia memberi pekerjaan pada Sydney. Jadi...kuliah, bahasa Latin, juru gantung mantel, kurir apotek, cleaning service, dan terakhir wartawan.

Apa itu sudah cukup bagi seorang Sydney Sheldon? Belum! Ia seolah tertantang untuk mencoba segala sesuatu. Ia lalu mendaftarkan diri ke tim sepak bola. Tapi karena ia tidak berpengalaman sama sekali, ia ditolak. Lalu ia melihat pengumuman tentang audisi debat di kampus. Ia pun ikut! Ia mencoba berpidato dengan berapi-api, namun terhenti di tengah jalan. Ia mengira nasibnya sama dengan sepak bola itu, tapi ternyata keesokan harinya namanya terpampang sebagai anggota tim debat, padahal ia mahasiswa baru yang sebelumnya tak bisa menjadi anggota.

Selanjutnya banyak hal yang ia coba, namun di tengah-tengah semuanya itu, ia menyadari ada keanehan dalam dirinya. Ia kerap mengalami depresi hebat, yang datang bagaikan terjebak awan hitam yang pekat. Namun di waktu lain, ia bisa merasa gembira begitu rupa hingga hampir histeris. Pada waktu pelajaran olahraga, Sydney pernah jatuh, dan itu mengakibatkan piringan sendinya lepas. Vonis dokter, piringan sendi itu bisa sewaktu-waktu lepas, dan saat itu ia harus istirahat di tempat tidur selama 3 hari, lalu akan sembuh dengan sendirinya.

Lalu saat melihat iklan Kontes Amatir di sebuah radio, perkenalan Sydney dengan dunia hiburan pun dimulai. Sydney tak tahu apa itu kontes amatir, namun demikian ia ingin mencoba. Di sinilah nama Sydney Schechtel berubah menjadi Sydney Sheldon. Tapi sayang, baru saja sekali siaran, ia dipecat. Namun perkenalan singkat itu membuatnya yakin bahwa masa depannya adalah di dunia hiburan. Maka saat iseng-iseng main piano, ia menciptakan sebuah melodi, dan memberinya syair. Saat itu hotel-hotel besar biasanya memiliki orkestra, dan lagunya akan diputar di radio. Maka Sydney memberanikan diri menunjukkan lagunya pada pemimpin orkestra di hotel tempat ia bekerja di penitipan mantel (si pemimpin orkestra sering menyapanya waktu menitipkan mantel). Lagunya memang akhirnya sering diputar di radio dan menjadi beken, tapi sayang ia dicurangi oleh seseorang yang menjanjikan rekaman. Sydney tak memperoleh apapun sebagai royalti...

Kecewakah Sydney? Pasti! Kalau itu anda atau aku, kita pasti menangis marah dan down. Tapi bagi Sydney, itu justru membuktikan bahwa ia mampu menulis lagu yang diterima pasar. Maka berangkatlah ia ke New York. Pekerjaan pertamanya disitu adalah penjaga bioskop (itu loh yang kerjanya bawa senter dan menunjukkan kursi buat penonton). Pekerjaan sepele ya? Benar, tapi itu memberi kesempatan Sydney untuk banyak menonton film. Semuanya tidak sia-sia, mengingat tak lama setelah itu ia memulai debutnya di Hollywood! Jadi aktor? Oh, bukan. Di Hollywood, ia benar-benar mulai dari nol.

Depresinya yang aneh kembali menyerang Sydney pas saat ia mendapat kesempatan berkolaborasi dengan seorang pencipta lagu beken di New York. Ia merasa akan gagal, lalu tiba-tiba memutuskan pulang ke Chicago, dan meninggalkan pertemuan penting dengan pencipta lagu itu begitu saja.

Jalan menuju Hollywood terbuka saat ada sanaknya yang minta diantar kesana. Maka Sydney berjanji kepada ortunya bahwa jika dalam 3 minggu ia gagal, ia harus pulang kembali ke Chicago. Anda pasti penasaran, gimana cara menembus ‘hutan belantara’ orang-orang sukses di Hollywood hanya dalam 3 minggu? Baca terus ya...

Sydney datang saja ke pintu gerbang salah satu studio besar di Hollywood: Columbia Pictures untuk mencari lowongan sebagai penulis. Jawaban kaku penjaganya: Sudah buat janji? Tanpa janji tidak bisa menemui siapa pun. Titik. Itulah yang terjadi di semua studio. Sementara itu waktu berlalu...4 hari lagi, dan Sydney mungkin harus pulang. Tapi ia tak menyerah. Ia baru tahu bahwa ada profesi ‘pembaca’, yaitu penulis sinopsis cerita-cerita agar produser tak perlu repot-repot membaca novel tebal-tebal untuk memilih yang bagus untuk dijadikan film. Teringat bahwa ia baru saja membaca buku bagus, ia langsung mengambil mesin tik, dan voila...jadilah sebuah sinopsis yang segera ia kirimkan ke enam studio. Kalau sampai pada hari ketiga ia tak mendapat jawaban, maka ia harus pulang.

Tepat saat ia sudah berhenti bermimpi, datanglah telepon bersejarah itu! Dari kantor salah seorang produser paling disegani di Hollywood: David Selznick, sekretarisnya menelpon karena butuh jasa ‘pembaca’ freelance yang mampu mengerjakan sinopsis 30 halaman dari novel 400 halaman dalam waktu 8,5 jam! Tentu saja Sydney menerima tantangan itu. Apapun yang terjadi, ia harus bisa! Itu mungkin jalan masuk satu-satunya ke gemerlapnya Hollywood, atau ia harus pulang dan kembali miskin ke Chicago. Apa yang terjadi? Benar-benar bagaikan roller coaster, namun ia berhasil dan mendapat bayaran $10. Dan Sydney pun memutuskan bahwa ia TIDAK akan pulang ke Chicago!

Pekerjaan Sydney berawal dari penulis sinopsis film, lalu setelah sempat menjadi penerbang saat perang, ia menjadi penulis naskah operet Broadway, sampai sebuah operet gagal dan ia pun dicaci maki di koran. Maka kembalilah Sydney ke Hollywood, dan itu tidak sia-sia mengingat David Schelznik kembali menawarkan sebuah proyek menggarap naskah dan skenario film, kali ini dengan bayaran $35.000! Maka Sydney mulai tenar, kekayaan menghampiri, kenalannya bintang-bintang terkenal Hollywood macam Cary Grant, Frank Sinatra maupun Elizabeth Taylor. Dalam waktu 3 tahun, Sydney pun telah memenangkan Oscar-nya yang pertama.

Masih banyak lagi kisah kegagalan bercampur kesuksesan yang diramu dengan nama-nama besar di dunia perfilman Hollywood yang glamour. Bagaikan roller coaster yang terus berputar, kadang di atas, kadang di bawah. Membuat buku ini tetap menarik untuk dibaca, meski pada bagian tengah agak membosankan karena terlalu banyak menceritakan proses pembuatan film (kecuali bagi yang suka film jadul, kali ya?). Yang menarik untuk diperhatikan, adalah fakta bahwa Sydney menulis novel pertamanya baru pada th 1970-an setelah ia memiliki gagasan tentang suatu lakon yang terlalu rumit bila diangkat menjadi drama.

Maka terbitlah The Naked Face, novel pertamanya yang awalnya hanya terjual 17.000 eksemplar, namun membuat Sydney merasa bahwa menulis novel memberinya lebih banyak kebebasan ketimbang terlibat dalam film atau operet, di mana ada banyak komponen dari produser, sutradara, aktor, dll yang sering membuat ruwet suatu proyek.

Catatan Fanda:
Dari hidup seorang Sydney Sheldon, kita bisa belajar untuk tak pernah putus asa. Bahwa roda hidup ini memang selalu berputar, saat anda berada di bawah, selalulah berpikir bahwa setelah ini pasti anda akan menanjak ke atas. Namun semuanya itu akan terjadi hanya apabila anda berani untuk mencoba semua kemungkinan dan berani untuk gagal. Belajarlah seperti Sydney Sheldon yang tak pernah berpikir lama untuk memutuskan menjalani sesuatu meski ia tak tahu pasti bagaimana melakukannya. Ingatlah, hidup itu seperti sebuah novel, kau tidak tahu apa yang akan terjadi hingga kau buka halamannya. Yang penting mencebur dulu, nanti anda akan belajar berenang dengan sendirinya. Dan bagi para penulis, buku ini mungkin bisa membantu memotivasi anda ‘tuk menjadi penulis sukses.

Selamat membaca! ...dan menulis!!




27 comments:

  1. Who knows what could happen
    Do what you do
    Just keep on laughing
    One thing's true
    There's always a brand new day (avril)
    bagus mbakk....

    ReplyDelete
  2. ehmmm.. sangat inspiratif, mba.. makasih ya...
    saya paling suka dg kalimat: Kau tidak tahu apa yang akan terjadi hingga kau buka halamannya’.

    ya.. hidup adalah seperti novel, novel kehidupan pribadi kita, yg setiap bab dan halaman yang telah kita baca (lalui) pasti mempunyai cerita sendiri-sendiri

    ReplyDelete
  3. Saya sangat terkesan : "hidup itu seperti sebuah novel, kau tidak tahu apa yang akan terjadi hingga kau buka halamannya."
    kisah kesuksesan yang tidak mengenal putus asa yang pantas dijadikan cermin.

    ReplyDelete
  4. waaaaaaaaah... bukunya bagus bagus yaaaaaah... :D

    ReplyDelete
  5. Hi Fanda,
    Sebelumnya, thanks ya udah mampir ketempatku, jadi aku bisa mengenalmu.

    Aku suka baca novel2 Sidney Sheldon, tapi belum tahu kisah hidupnya seperti apa.

    Hmm.. thanks ya, sharingnya..

    ReplyDelete
  6. Mbak,dia memang raja bercerita nomer 1.Tapi baru kali ini saya tahu kisah hidupnya,makasih ya mbak infonya.
    Sudah lama juga sih saya tidak 'berburu' dia..

    ReplyDelete
  7. Sebuah kisah memoar yang sangat menginspirasi...
    Memang kita tidak tahu ada apa dengan hari esok dan apa yang akan terjadi esok sebelum kita membuka lembarannya...

    nice post mbak...

    ReplyDelete
  8. Saya juga penyuka Sidney Sheldon. Membaca ulasan mbak fanda, rasanya seperti menyelam lebih dalam dalam proses kepenulisan dia. Nice posting.

    ReplyDelete
  9. Touching Fan... tulisan yang bagus dan memotivasi... selamat menulis Fan :)

    ReplyDelete
  10. nice posting mbak.....
    Memang kita tak pernah tahu kejadian besok, kita hanyalah boneka Nya

    ReplyDelete
  11. ini kalo gak salah bukunya yg terakhir ya mbak fanda? lom beli nih. lha wong yang ono aja bukuku belom selesai dibaca udah 2 bulan-an,heheheh.

    ReplyDelete
  12. Wah.., ternyata Sidney Sheldon sangat menyukai tantangan dan pekerja keras.
    Terima kasih mbak.., cerita kehidupan orang-2 sukses memang selalu mampu menginspirasi.
    Artikel yang bermanfaat..

    ReplyDelete
  13. hidup itu seperti sebuah novel, kau tidak tahu apa yang akan terjadi hingga kau buka halamannya.

    INSPIRIIIIING !
    Thank u mbak Fanda for writing bout him..
    u dont know how it means a lot to me :)

    ReplyDelete
  14. Sydney Sheldon....!!! Gramedia PEkanbaru dah kehabisan stok karya sang MAestro yang belum ku baca.....

    nge-Fans Buanget Prof ma Sydney mbak....!!!!

    ReplyDelete
  15. waow,perjuangan yang berbuah kesuksesan,tentu dengan modal pantang menyerah dan berkeyakinan,,sangat cocok buat yang lagi butuh suntiken semangat seperti saya,,heheheh,,
    keren mba fanda,
    selalu berusaha n pantang menyerah !!

    ReplyDelete
  16. wow,, kehidupannya menginspirasi bgt yah!!

    ga pernah takut dg yg namanya kegagalan.. karna kita ga pernah tau apa yg bakal terjadi di depan..

    top!! :)

    ReplyDelete
  17. uphh selesai juga ku baca riwayat sidney. mang kita gak pernah tau apa yg akan terjadi besok ya mbak.

    makasih ya mbak bikin semangat nih tulisannya mbak fanda

    ReplyDelete
  18. untungnya ngga jadi bunuh diri,kalau jadi gimana?

    ReplyDelete
  19. hidup bagaikan novel... selalu berdoa agar hidupku adalah novel dg happy ending...aaammiiin!

    ReplyDelete
  20. setuju mas.
    kesuksesan hanya akan singgah pada mereka yang terus berusaha sekuat tenaga untuk menggapainya. sebaliknya ia engga menyapa mereka yang malas

    oia kenalan dengan blog baru ya *nyodorin tangan* kok diem ce salaman donk. ditunggu kunjungan balik dan komentarnya terutama dalam tulisan 'manjakan mata...'. awas lho kalao engga berkunjung tak jithak pakai tiang listrik wakakaka *kabuuurr *ngumpet

    ReplyDelete
  21. Saya juga penggemar tulisan Sidney Sheldon, karena Bapak ini sangat memperhatikan detail. Tapi baru tahu bila kisahnya seperti itu. Memang bila diperhatikan, setiap orang besar pasti telah teruji dalam badai. Bagus, dik Fanda. Makasih ya sudah berbagi. Jadi pengen baca, nih. Sudah lama tak baca novelnya. Kalau bukunya Danielle Steel ada yang baru gak ?

    ReplyDelete
  22. saya suka kalimatnya, mencebur dulu baru berenang. tapi buat tipe safety player kayak saya rada susah nih menerapkannya.

    Fanda...apa kabar? kangen banget nih. sabar ya..kisah melancongnya belum sempet ditulis. lagi bebenah dulu nih. baju kotor bertumpuk.

    ReplyDelete
  23. belum pernah baca satu pun buku sidney sheldon, tapi udah dapet rekomendasi bolek-balik dan udah punya 2 bukunya, tapi blum dibaca ^^

    makasih mbak fanda, jadi ngingetin :P

    ReplyDelete
  24. memang dasar aku y;ang katro, tokoh kaya gini ndak tau

    ReplyDelete
  25. Hidup itu seperti sebuah novel, kau tidak tahu apa yang akan terjadi hingga kau buka halamannya.
    Maknanya sangat dalem, Fan. Saya dulu juga salah satu penggemar Sydney Sheldon loh. Yg saya ingat novelnya yg berjudul Lewat Tengah Malam.

    ReplyDelete
  26. ehm,..makin matang aja tulisannya,.ko bisa sih? gmn belajarnya Fan..

    ReplyDelete
  27. "hidup itu seperti sebuah novel, kau tidak tahu apa yang akan terjadi hingga kau buka halamannya."


    kata kata yang memotivasi kita untuk bangkit dari keterpurukan.. makasih mbak buat review nya. salam kenal

    ReplyDelete